Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

AVC Challenge Cup 2023 - Ada Yolla, Line-up Utama Timnas Voli Putri Indonesia Sulit Diprediksi

Kembalinya Yolla Yuliana perkuat Timnas voli putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2023 membuat Alim Suseno makin pusing tentukan line up utama.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in AVC Challenge Cup 2023 - Ada Yolla, Line-up Utama Timnas Voli Putri Indonesia Sulit Diprediksi
SURYA/PURWANTO
Pebola voli putri Jakarta Pertamina Fastron, Yolla Yuliana berselebrasi saat unggul atas Bandung BJB Tandamata pada pertandingan putaran kedua minggu kedua PLN Mobile Proliga 2023 di GOR Ken Arok, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (10/2/2023). Tim putri Jakarta Pertamina Fastron berhasil menang atas Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-1 (25-20, 25-23, 29-31, dan 25-23). SURYA/PURWANTO 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas voli putri Indonesia dijadwalkan mulai menggelar pemusatan latihan (TC) guna menatap kejuaraan Asia AVC Challenge Cup 2023 hari ini, Jumat (2/6/2023).

Skuad Timnas voli putri Indonesia untuk AVC Challenge Cup 2023 yang berlangsung di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, 18-25 Juni pun sudah ditentukan.

Yolla Yuliana kembali memperkuat Timnas voli putri Indonesia, setelah terakhir kali menggunakan jersey Merah-Putih ialah SEA Games 2021 di Vietnam.

Kembalinya Yolla Yuliana diprediksi bakal memanaskan persaingan line-up utama Timnas voli putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2023.

Baca juga: Daftar Juara AVC Challenge Cup Putra Sepanjang Masa: Jepang Digdaya, Indonesia Berjaya Tahun 2017

Disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBVSI, Loudry Maspaitella, mayoritas skuad SEA Games 2023 Kamboja dipertahankan.

Total ada 11 pemain yang meraih medali perunggu di SEA Games ke-32 lalu kembali menghuni skuad Merah-Putih. Sebagai tambahan, ada lima pevoli untuk melengkapi 16 daftar pemain tim besutan Alim Suseno tersebut.

"Kami memanggil 16 pemain, sebagian besar pemain yang tampil pada SEA Games 2023 lalu," kaya Loudry, dikutip dari BolaSport.

BERITA TERKAIT

"Ada 11 pemain yang telah menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2023, akan kembali membela Indonesia di AVC Challenge Cup," imbuhnya.

Yang menarik, Yolla Yuliana kembali dipanggil menggantikan Shintia Alliva. Yolla dan Shintia memiliki posisi bermain yang sama, yakni middle blocker.

Middle Blocker dari Jakarta Pertamina Fastron, Yolla Yuliana saat sesi konferensi pers pasca-laga melawan Jakarta Elektrik PLN di Proliga 2023 seri Yogyakarta, Minggu (19/2/2023).
Middle Blocker dari Jakarta Pertamina Fastron, Yolla Yuliana saat sesi konferensi pers pasca-laga melawan Jakarta Elektrik PLN di Proliga 2023 seri Yogyakarta, Minggu (19/2/2023). (Tribunnews/Niken Thalia)

Sedikit flashback pada SEA Games 2023, saat itu middle blocker Timans voli putri Indonesia dihuni oleh Wilda Nurfadhilah Sugandi, Agustin Wulandhari, Shintia Alliva.

Hal ini kemudian membuat sektor penyerangan quicker bertumpu kepada dua pevoli saja, yakni Wilda dan Agustin. Imbasnya, Sinsin (panggilan akrab Shintia) jarang mendapatkan menit bermain.

Terlebih dari segi pengalaman, mental, dan usia, Sinsin masih kalah jika dikomparasikan dengan kedua seniornya tersebut.

Namun dengan kembalinya Yolla Yuliana, ini menjadi pekerjaan rumah baru bagi Alim Suseno bagaimana menentukan line-up utama. Khususnya di posisi middle blocker.

Jika harus menimbang, Agustin Wulandari, Wilda Nurfadhilah dan Yolla Yuliana memiliki bobot kualitas, pengalaman, dan skill yang sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas