Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

PB IKASI Jaring 208 Atlet Anggar Pada Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut 2024

ajang tersebut merupakan bentuk keseriusan PB IKASI dalam melakukan pembinaan dengan mengumpulkan atlet anggar

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in PB IKASI Jaring 208 Atlet Anggar Pada Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut 2024
PB IKASI
PB IKASI menggelar Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh – Sumatera Utara XXI 2024 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gondrong, Cipondoh Kota Tangerang. Jum’at (1/9/2023). 

PB IKASI Jaring 208 Atlet Anggar Pada Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut 2024

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) menggelar Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh – Sumatera Utara XXI 2024.

Ajang tersebut berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gondrong, Cipondoh Kota Tangerang. Jum’at (1/9/2023).

Ketua Umum PB IKASI Agus Suparmanto, mengatakan Kualifikasi PON tersebut diikuti oleh 310 atlit yang terdiri dari 25 provinsi termasuk Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Papua. 

“Ini saya lihat yang ikut kualifikasi ini semua atlit terlihat sangat antusias untuk bertanding, nanti nya dari hasil kualifikasi ini sebanyak 208 atlet yang akan lolos dan bisa mengikuti PON Aceh-Sumut 2024 mendatang," ujar Agus.

Agus menambahkan, ajang tersebut merupakan bentuk keseriusan PB IKASI dalam melakukan pembinaan dengan mengumpulkan atlet anggar dari seluruh provinsi di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

“Memang olahraga Anggar ini perkembangan nya sangat baik, selama ini dari tahun 2015-2019 kita berhasil meraih 2 perak dan 7 perunggu, namun demikian kami belum puas karena kalau puas harus mendapatkan medali emas," kata Agus.

Untuk melakukan pembinaan terhadap atlet anggar memang tidak bisa instan, PB IKASI sudah melakukan kerjasama dengan Korea Selatan dan akan mengirim atlet-atlet yang berpotensi sebagai regenerasi terutama untuk usia dini. 

“Training ini tidak bisa sebulan dua bulan, ini merupakan program jangka panjang, tidak hanya di SEA Games atau Asian Games, target kita harus bisa masuk olimpiade," tutur Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Sport Science Iptek Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Irfan Bachtiar, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Kualifikasi PON Aceh-Sumut tersebut.

“Kami hadir disini sebagai monitoring dan evaluasi, ada dua hal yang harus dilihat yaitu pertama tentang keabsahan atlit dan kedua dalam hal bidang pertandingan, keabsahan atlet tentunya harus dilihat sesuai dengan buku pedoman apakah ada pembatasan usia dan sebagainya, bidang pertandingan apakah sudah dilakuan dengan benar," ujar Irfan Bachtiar.

Kualifikasi PON tersebut pada dasarnya merupakan babak pertama untuk PON, karena nantinya hanya ada 16 Provinsi yang akan berlaga di PON Aceh-Sumut XXI 2024.

Sebanyak 14 Provinsi terbaik ditambah dua provinsi tuan rumah akan berlaga di pesta olahraga empat tahunan itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas