Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bocoran Masa Depan Jeff Jiang Jie, Pelatih Timnas Voli Indonesia Besut Samator di Proliga 2024

Jeff Jiang Jie disebut membesut Surabaya Samator pada Proliga 2024, isu menguat setelah PBVSI membidik Nicolas Vives sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Bocoran Masa Depan Jeff Jiang Jie, Pelatih Timnas Voli Indonesia Besut Samator di Proliga 2024
Instagram @bolavoliindonesia
Pelatih asal China, Jeff Jiang Jie saat menyaksikan pertandingan Proliga 2023 di GOR Sritex Arena Solo. Jiang Jie merupakan pelatih Timnas voli putra Indonesia untuk pagelaran SEA Games 2023 di Kamboja. 

TRIBUNNEWS.COM - Kompetisi Proliga 2024 memang masih lama bergulir dan dijadwalkan mulai berlangsung akhir April nanti.

Akan tetapi geliat kompetisi elite bola voli Indonesia Proliga 2024 mulai terasa, termasuk perpindahan staf kepelatihan tim.

Satu di antara tim bola voli tersukses di Proliga, Surabaya Samator, yang dikabarkan memiliki pelatih baru pada musim depan.

Menariknya, isu yang berkembang Surabaya Samator disebut memakai jasa pelatih Timnas voli putra Indonesia, Jeff Jiang Jie, untuk mengarungi Proliga musim depan.

Baca juga: Voli Proliga 2024 Kapan Dimulai? Warna Baru Tersaji, Tim Peserta Dipastikan Bertambah

Kabar tersebut disampaikan Ario Satrio Prakoso, agensi yang menjembatani Jeff Jiang Jie saat membesut Bogor LavAni pada Proliga musim 2022.

"Kalau sekarang kabarnya coach Jeff Jiang Jie sudah berada di Samator, dia ngelatih di sana," terang pemilik agensi ASPAgency saat dihubungi Tribunnews via Whatsapp, Jumat (13/10/2023) siang WIB.

Bergabungnya Jeff Jiang Jie ke Samator jelas merupakan hal yang mengejutkan. Mengingat juru taktik yang musim lalu menukangi Samator, Ryan Masajedi, baru-baru ini telah mengunggah momen dirinya tiba di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Merujuk kepada peluang, Jeff Jiang Jie memang berkesempatan besar membesut Surabaya Samator. Mengingat di sisa akhir tahun ini, Timnas voli Indonesia tidak memiliki agenda Internasional lagi.

Jeff Jiang Jie terakhir kali membesut Timnas voli putra Indonesia di event Asian Games 2023 lalu.

Opposite Surabaya BIN Samator, Rivan Nurmulki dan sang pelatih Ryan Masajedi dalam konferensi pers pasca-pertandingan melawan Jakarta LavAni Allo Bank di ajang final four Proliga 2023 di GOR Tri Dharma Gresik, Jumat (24/2/2023).
Opposite Surabaya BIN Samator, Rivan Nurmulki dan sang pelatih Ryan Masajedi dalam konferensi pers pasca-pertandingan melawan Jakarta LavAni Allo Bank di ajang final four Proliga 2023 di GOR Tri Dharma Gresik, Jumat (24/2/2023). (TRIBUNNEWS/ M Deni Setiawan)

Jika berkaca kepada profil, pelatih asal China ini bukan sosok baru di kancah bola voli Indonesia. Sebelum membantu mengantarkan LavAni juara Proliga 2022, Jeff Jiang Jie pernah membesut tim Proliga awal 2000-an.

Jiang kali pertama datang ke Indonesia pada musim Proliga 2004-2005. Kala itu, ia dikontrak oleh klub Bandung Art Deco.

Pada Proliga musim berikutnya, Jiang tetap melatih di Indonesia, tetapi pindah ke Jakarta Bank DKI. Tak heran jika coach Jiang Jie erat dengan kultur bola voli Tanah Air.

Sinyal Jiang Jie membesut Surabaya Samator pada Proliga 2024 dikuatkan dengan indikasi PBVSI selaku federasi bola voli Indonesia yang mendekati Nicolas Vives.

Disampaikan Ario Satrio, PBVSI sudah mendekati LavAni untuk menayangkan besaran gaji dan kontrak yang dimiliki pelatih asal Kuba tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas