Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Rapor Pembalap Italia di Repsol Honda Era MotoGP Modern: Valentino Rossi Terbaik No Debat!

Isu kepindahan Luca Marini gantikan Marc Marquez menguak sisi lain rapor pembalap Italia di Repsol Honda sejak MotoGP modern, Valentino Rossi panutan.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Rapor Pembalap Italia di Repsol Honda Era MotoGP Modern: Valentino Rossi Terbaik No Debat!
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Yamaha-SRT Italia Valentino duduk di sebelah motornya pada 11 November 2021 di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, menjelang Grand Prix MotoGP Valencia. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana nama juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Rapor pembalap Italia ketika memperkuat Repsol Honda menarik untuk diulas, sehubungan adik Valentino Rossi, Luca Marini santer diisukan menggantikan Marc Marquez.

Luca Marini membutuhkan kaca benggala, sejak era MotoGP 4-Tak dimulai tahun 2002, hanya Valentino Rossi dapat diklaim pembalap Italia tersukses di Repsol Honda.

Pun dari segi jumlah, hanya ada tiga rider asal Negeri Pizza yang pernah menjadi bagian dari skuad pabrikan Honda di MotoGP modern.

Baca juga: Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Singgung Valentino Rossi, Marc Marquez Restui Luca Marini ke Honda

Ketiga pembalap tersebut meliputi Valentino Rossi (2002-2003), Max Biaggi (2005) dan Andrea Dovizioso (2009-2011).

Merujuk kepada periode ketiga pembalap di atas, praktis lebih dari satu dekade pabrikan Jepang tersebut tidak menggunakan jasa rider asal Negeri Pizza.

Ini menunjukkan bagaimana Honda Racing Corporation (HRC), khususnya di skuad pabrikan memang berseliweran rumor, tabu menggunakan pembalap Italia. Mereka lebih condong kepada talenta-talenta asal Spanyol.

Sebut saja Marc Marquez sebagai contoh paling mutlak, di mana rider kelahiran Catalonia ini memperkuat tim berklogo sayap tunggal mengepak sejak musim 2013.

BERITA TERKAIT

Meski demikian, jumlah sedikit bukan berarti tidak memiliki prestasi. Rider Italia sejak MotoGP modern dimulai, juga memberikan prestasi ketika memperkuat Repsol Honda.

Bila menilik kemenangan terbanyak, maka Valentino Rossi adalah pembalap Italia di Repsol Honda yang menyumbang kemenangan terbanyak.

Valentino Rossi di Repsol Honda Team mengoleksi 20 kali menang dan 2 titel juara dunia MotoGP 2002-2003.

Pembalap Prima Pramac Racing Spanyol Jorge Martin (kanan), dan Mooney VR46 Racing Team Pembalap Italia Luca Marini (Kiri) berkendara saat sprint race MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 14 Oktober 2023 . (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)
Pembalap Prima Pramac Racing Spanyol Jorge Martin (kanan), dan Mooney VR46 Racing Team Pembalap Italia Luca Marini (Kiri) berkendara saat sprint race MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 14 Oktober 2023 . (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP) (AFP/SONNY TUMBELAKA)

Pembalap berjuluk The Doctor ini merupakan rider Italia tersukses di Repsol Honda. Hingga kini prestasinya belum bisa dipecahkan, baik oleh Biaggi maupun Dovizioso.

Sementara Andrea Dovizioso menjadi pembalap Italia paling lama berstatus jadi pembalap Repsol Honda di 2009-2011.

Sementara Max Biaggi menjadi pembalap Italia paling sebentar dan tidak pernah menggasak kemenangan semasa jadi pembalap Repsol Honda Team.

Nah, adik Valentino Rossi Luca Marini sampai resmi jadi pembalap Repsol Honda di MotoGP 2024, maka menjadi pembalap Italia nomor 4 pernah di skuad Honda pabrikan Repsol Honda.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas