Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Danau Toba Jadi Lokasi Ajang Balap Perahu Motor Internasional F1Powerboat Awal Maret

Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti F1Powerboat di Danau Toba tepatnya di Balige

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Danau Toba Jadi Lokasi Ajang Balap Perahu Motor Internasional F1Powerboat Awal Maret
Dok. InJourney
Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menghadirkan ajang balap perahu motor internasional F1Powerboat pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti F1Powerboat di Danau Toba tepatnya di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 2-3 Maret 2024.

Dengan menghadirkan beragam acara, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney ingin mengulang kesuksesan F1Powerboat 2023.

Harapannya, F1Powerboat 2024 akan memberikan multiplier effect yang lebih besar mengingat tahun lalu dapat memberikan dampak ekonomi hingga Rp 1,68 triliun.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan, melalui beragam program dan event pada F1Powerboat, InJourney akan menghadirkan water sport tourism yang akan menyedot banyak wisatawan.

"Kami berharap acara ini terselenggara dengan lebih sukses, sehingga memberikan multiplier effect yang lebih besar lagi,” ujar Dony Oskaria saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Dikatakannya, dalam membangun pariwisata, InJourney melakukannya secara komprehensif, salah satunya dengan memastikan bahwa dalam mengadakan suatu event dapat memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat baik langsung maupun tidak langsung.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, terselenggaranya ajang event berskala global ini Indonesia mendapatkan media exposure yang tinggi di kancah internasional.

“Yang utama adalah bagaimana kita dapat mempromosikan destinasi pariwisata ke mata dunia sehingga hal tersebut dapat mendatangkan trafik wisatawan dan masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya ekonominya,” katanya.

Tahun lalu, melalui gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 Indonesia sukses menjadi tuan rumah kejuaraan jetski internasional.

Keberhasilan ini diakui oleh Founder H2O Racing Management, Nicolo Di San Germano yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski lantaran keindahan, kemegahan dan kecantikan pesona Danau Toba.

Dalam rangka memeriahkan F1Powerboat, InJourney akan menghadirkan side event yang tak kalah meriah yakni kompetisi Solu Bolon antar kabupaten Sumatera Utara dan juga kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti oleh kurang lebih 30 atlet jetski Indonesia.

Selain itu, side event juga akan menghadirkan festival budaya dan UMKM pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk bersama-sama mendorong potensi Danau Toba sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) terus dikenal di kancah internasional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas