Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pengakuan Fabio Quartararo di MotoGP Portugal 2024, Terbuka Membelot ke Aprilia

Bursa transfer pembalap MotoGP musim depan kembali memanas setelah Fabio Quartararo terbuka untuk cabut dari Yamaha dan gabung ke Aprilia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Pengakuan Fabio Quartararo di MotoGP Portugal 2024, Terbuka Membelot ke Aprilia
UANG SHARMA / AFP
Pembalap Monster Energy Yamaha asal Prancis Fabio Quartararo memimpin sepedanya saat Grand Prix MotoGP India di Sirkuit Internasional Buddh di Greater Noida di pinggiran New Delhi, pada 24 September 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Jelang balapan MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao, Fabio Quartararo membuat pengakuan mengejutkan. Rider berjuluk El Diablo ini secara terbuka akui bisa membelot dari Monster Energy Yamaha ke Aprilia Racing.

Situasi bursa pembalap MotoGP pada awal musim ini mulai bergeliat panas dengan sejumlah pergerakan yang sudah dilakukan.

Ducati melakukan langkah pertama dengan mempertahankan Francesco Bagnaia di tim pabrikan serta merekrut calon debutan Fermin Aldeguer di tim satelit mereka.

Sorotan lantas tertuju kepada pembalap dan tim yang telah dilalui angin rumor dalam beberapa waktu terakhir. Salah satunya adalah Fabio Quartararo yang masa depannya belum jelas.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo meninggalkan pit lane pada hari pertama tes musim dingin pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 10 Februari 2023.
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo meninggalkan pit lane pada hari pertama tes musim dingin pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 10 Februari 2023. (Mohd RASFAN/AFP)

Kontrak pembalap asal Nice, Prancis, dengan tim pabrikan Yamaha akan berakhir pada akhir tahun 31 Desember 2024.

Belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak yang disepakati antara kedua belah pihak yang telah berkolaborasi sejak 2021 ini.

Alih-alih bertahan, justru El Diablo dirumorkan mulai berpikir untuk meninggalkan Yamaha akibat penyakit motor YZR-M1 yang tak kunjung sembuh.

BERITA REKOMENDASI

Tidak bisa dimungkiri bahwa Yamaha, dan pabrikan Jepang lainnya, keteteran menghadapi betapa cepat dan masifnya pengembangan motor-motor pabrikan Eropa.

Tebak-tebakannya kini adalah di mana posisi yang berpeluang kosong di antara tiga pabrikan Benua Biru yaitu Ducati, KTM dan Aprilia.

Ducati terindikasi sudah full booked. Ditambah rencana promosi bagi Aldeguer dari kelas Moto2, justru kabar keluarnya pembalap dari skuad yang berembus.

KTM, yang dalam beberapa tahun terakhir justru menumbalkan pembalap mereka sendiri karena terlalu banyak bibit unggul, juga tak jauh berbeda.

Baca juga: Bursa Transfer Pembalap MotoGP - Jorge Martin Gabung Yamaha, Sinyal Kuat Fabio Quartararo Cabut

Dengan potensi besar yang sudah ditunjukkan bocah ajaib, Pedro Acosta, serta kontrak baru Brad Binder hingga 2026, tidak banyak ruang bagi Quaratararo untuk bergabung ke sana.

Bisa dimaklumi apabila kemudian Quartararo dihubung-hubungkan dengan Aprilia.

Kontrak dua pembalap tim pabrikan Aprilia yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Vinales sama-sama berakhir pada tahun ini.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas