Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Hasil F1 Monaco 2024: Charles Leclerc Hapus Kutukan Lokal Hero 1 Abad, Kylian Mbappe Jadi Saksi

Hasil F1 tempatkan pembalap Ferrari, Charles Leclerc sebagai pemenang, sekaligus akhiri kutukan 93 tahun tidak ada wakil tuan rumah menang di kandang.

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in Hasil F1 Monaco 2024: Charles Leclerc Hapus Kutukan Lokal Hero 1 Abad, Kylian Mbappe Jadi Saksi
Instagram @f1
Kylian Mbappe mengibarkan bendera saat Charles Leclerc berhasil menjuarai F1 GP Monaco 2024 usai mengalahkan pemuncak klasemen sementara Max Verstappen di Prancis, Minggu (26/5/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Charles Leclerc berhasil menjuarai F1 GP Monaco 2024 setelah mempecundangi pemuncak klasemen sementara Max Verstappen (Red Bull), Minggu (26/5/2024).

Pembalap Scuderia Ferrari itu membukukan waktu tercepat 2 jam 23 menit 15,554 detik pada balapan di Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo, Monaco, Prancis.

Charles Leclerc berhasil mengungguli Oscar Piastri (McLaren F1 Team) dan Carlos Sainz Jr yang finis di posisi kedua dan tiga. Lando Norris dan George Russell menguntit di peringkat keempat dan kelima.

Sementara, Max Verstappen menyelesaikan balapan di posisi keenam. Adapun andalan Mercedes, Lewis Hamilton menyudahi race di peringkat ketujuh.

Kemenangan ini jadi spesial bagi Leclerc. Sebab ia jadi pembalap tuan rumah pertama yang berhasil meraih kemenangan di kandang setelah diukir Louis Chiron pada 1931.

Dirangkum dari laman Getfootballnewsfrance, Charles Leclerc berhasil mengakhiri mitos lokal hero di Monaco yang tak pernah menangi ketika balapan di kandang.

Tercatat butuh waktu 93 tahun, atau hampir satu abad untuk kembali ada pembalap asal Prancis, yang berhasil menjuarai balapan F1 Grand Prix Monaco.

BERITA TERKAIT

Selain itu, Leclerc juga sukses mematahkan dominasi Verstappen yang sebelumnya melahap tujuh kemenangan beruntun di F1 2024.

F1 GP Monaco 2024 diwarnai kecelakaan berat di lap pertama. Sedikitnya tiga pembalap terlibat dalam kecelakaan yang memicu red flag dikibarkan.

“Itu (kemenangan) sangat berarti,” kata Leclerc, yang berteriak melalui radio sambil mengambil bendera  yang dikibarkan oleh penggawa timnas Prancis, Kylian Mbappe

“Balapan itulah yang membuat saya bermimpi menjadi pembalap Formula 1 suatu hari nanti," sambung pembalap F1 kelahiran Monaco, Prancis.

Baca juga: Bursa Transfer Pembalap F1: Carlos Sainz Jr Jadi Rebutan, Hamilton Ambil Alih

Bagi Kylian Mbappe, Monaco bukan wilayah yang baru baginya. Karena awal kariernya sebagai pesepakbola, Kylian Mbappe bermain bagi AS Monaco sebelum akhirnya menjelma sebagai bintang dunia.

Mbappe manjadi saksi keberhasilan kompatriotnya mengakhiri mitos lokal hero pembalap F1 Prancis tak pernah menang ketika balapan di depan pendukungnya sendiri. 

Selain itu, Leclerc juga sukses mematahkan dominasi Verstappen yang sebelumnya melahap tujuh kemenangan beruntun di F1 2024.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas