Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Jelang Olimpiade Paris 2024, Jersey Merah Putih Karya Didit Prabowo Dipamerkan di Hotel Dharmawangsa

Rangkaian koleksi jersey merah putih ini didesain secara khusus oleh desainer Indonesia, Didit Hediprasetyo.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jelang Olimpiade Paris 2024, Jersey Merah Putih Karya Didit Prabowo Dipamerkan di Hotel Dharmawangsa
dok: NOC Indonesia
Desainer ternama, Didit Prabowo saat memamerkan hasil karyanya dalam jersey Kontingen Indonesia untuk tampil pada Olimpiade Paris 2024, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (4/7/2024). 

Jelang Olimpiade Paris 2024, Jersey Merah Putih Karya Didit Prabowo Dipamerkan di Hotel Dharmawangsa

 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Dalam rangka menyambut Olimpiade Paris 2024, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama Didit Hediprasetyo Foundation menggelar pameran fotografi dalam rangka Reveal Jersey Merah Putih yang akan dikenakan oleh Tim Indonesia yang akan bertanding pada ajang Olimpiade 2024 di Paris.

Rangkaian koleksi jersey merah putih ini didesain secara khusus oleh desainer Indonesia, Didit Hediprasetyo.

Pameran tersebut dilangsungkan di Nusantara Garden, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, pada tanggal 4 – 5 Juli 2024 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

“Olimpiade Paris 2024 ini penuh kejutan buat Tim Indonesia. Mulai dari pencapaian para atlet yang lolos sampai desain baju yang untuk pertama kalinya didesain oleh desainer kebanggaan Indonesia yang sudah diakui dunia. Semoga akan lebih banyak kejutan dari sisi prestasi atlet Tim Indonesia di Paris nanti,” kata Raja Sapta Oktohari, Ketum KOI.

Seragam resmi Tim Indonesia ini terdiri dari warna dominan merah dan putih, dengan lambang Garuda Pancasila berada dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam yang ditempatkan di sisi kiri dada.

BERITA TERKAIT

Bagi para atlet, official NOC Indonesia, dan tim Chef de Mission (CdM), terdapat 2 set seragam dan merchandise resmi yang wajib digunakan saat pengukuhan dan pelepasan kontingen, serta saat keberangkatan dan kepulangan kontingen atau acara resmi lainnya seperti konferensi pers.

Terdapat juga 1 set seragam motif yang khusus dikenakan saat penerimaan medali.

Selain itu, kontingen Indonesia juga dibekali dengan set seragam tambahan yang wajib digunakan pada saat latihan dan di area resmi lainnya. Khusus untuk para atlet, terdapat rangkaian pakaian olahraga berupa T-shirt, short pants, track pants dan jersey playing kit sesuai cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda (seperti weightlifting, rowing, gymnastic, dan athletic), yang akan dipakai saat mereka berlaga.

“Terima kasih kepada saudara saya, Didit Hediprasetyo yang bukan hanya mendesain jersey kebanggaan Tim Indonesia yang akan digunakan di Paris nanti, tapi juga ikut mempromosikan olahraga Indonesia dalam skup yang lebih besar,” lanjut Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari.

Sementara itu, Anindya Novyan Bakrie selaku Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia mengatakan desain ini membuat atlet semakin bersemangat saat tampil di Paris nanti

“Para atlet kita telah berlatih tanpa kenal lelah, mencerminkan semangat dedikasi, ketahanan, dan keunggulan. Dengan bangga, kami luncurkan seragam baru Tim Nasional Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 yang bertema merah dan putih,” ujar Anindya.

“Seragam ini melambangkan keberanian dan kebanggaan bangsa kita. Mari kita dukung mereka dengan penuh semangat dan merayakan prestasi luar biasa mereka di panggung dunia,” nilai Menpora.

Sedangkan Didit Hediprasetyo, sebagai desainer dan pendiri Didit Hediprasetyo Foundation mengatakan bahwa apa yang ia kerjakan sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air.

“Kami diberikan kepercayaan berharga untuk merancang seragam Tim Indonesia oleh Komite Olimpiade Indonesia dan Chef de Mission Olimpiade Paris 2024. Tanggung jawab ini kami jalani secara sukarela dengan penuh antusiasme dan rasa tanggung jawab yang tinggi, dan selaras dengan semangat Didit Hediprasetyo Foundation yang bertujuan untuk mengintegrasikan kreativitas dan kesehatan,” jelas Didit Hediprasetyo.

Acara “Reveal Jersey Merah Putih” selain menghadirkan pameran fotografi karya Davy Linggar, juga menghadirkan karya seni yang terinspirasi dari warna merah-putih oleh seniman kenamaan Indonesia.

“Dalam merancang koleksi ini, saya mengambil inspirasi dari keanggunan warna bendera kita, yaitu merah dan putih, sebagai cermin tekad dan keyakinan teguh bahwa tim nasional kita akan mencapai kejayaan di panggung global,” jelas Didit.

“Jersey Merah Putih ini mencerminkan harapan serta kebanggaan bangsa, yang melambangkan keberanian dan kesucian sebagai identitas bangsa kita, sekaligus ketangguhan serta ketekunan atlet-atlet kita. Saya sangat berharap bahwa desain ini mampu memotivasi para pahlawan olahraga kita untuk melampaui batas kemampuan mereka dan membawa kejayaan bagi Indonesia,” pungkas putra Prabowo Subianto tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas