Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

LPS Kejurnas Atletik U-16 & Indonesia U-18 Open Championships 2024 Resmi Dibuka di Yogyakarta

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti pentingnya Yogyakarta dalam sejarah atletik Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in LPS Kejurnas Atletik U-16 & Indonesia U-18 Open Championships 2024 Resmi Dibuka di Yogyakarta
dok: istimewa
Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2024 yang resmi dibuka di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (20/7/2024). 

LPS Kejurnas Atletik U-16 & Indonesia U-18 Open Championships 2024 Resmi Dibuka di Yogyakarta

 
Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2024 yang resmi dibuka di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (20/7/2024).

Pembukaan turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Yogyakarta, atlet, perwakilan dari tujuh negara dan ribuan penonton.

Kejuaraan ini adalah wujud komitmen PB PASI untuk mengembangkan bakat-bakat muda dan meningkatkan prestasi di tingkat internasional.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti pentingnya Yogyakarta dalam sejarah atletik Indonesia.

Yogyakarta dengan segala kekayaan budayanya, juga menjadi tempat yang subur untuk tumbuhnya semangat sportivitas dan perjuangan.

BERITA TERKAIT

“Yogyakarta memiliki tempat yang sangat penting dalam sejarah atletik di Indonesia. Kota ini telah melahirkan banyak atlet berprestasi yang membawa nama harum Indonesia di kancah nasional maupun internasional,” kata Luhut.

Luhut menekankan, penting bagi seorang atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam kompetisi. Karena hal itu akan menjadi modal dasar bagi atlet untuk mengembangkan potensinya.

“Bertandinglah dengan jujur, tunjukkan kemampuan terbaik kalian, dan selalu junjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Ingatlah bahwa setiap langkah yang kalian ambil di sini adalah modal dasar untuk masa depan atletik Indonesia yang lebih gemilang,” lanjutnya.

Luhut juga menyampaikan beberapa upaya penting yang dilakukan PB PASI untuk  memajukan atletik Indonesia.

Salah satunya adalah Pusat Pelatihan Atletik terpadu dan terbesar di Asia Tenggara di Pangalengan, Jawa Barat. Pusat pelatihan ini, yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar, mampu menampung hingga 90 atlet dan pelatih dalam satu waktu pelatihan.

“Kami juga terus mendorong para atlet terbaik dari timur Indonesia yang telah berlatih dan bergabung di Papua Athletics Center di Timika. Hari ini mulai berhasil menampakkan kembali para atlet Papua yang dulu begitu banyak berjaya di berbagai nomor kejuaraan baik di nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Tahun ini, PB PASI juga akan memulai kembali seri Student Athletics Championships, yang bertujuan mencari bibit-bibit muda terbaik di seluruh negeri. Seri ini melibatkan 30.000 peserta dari 387 sekolah di enam provinsi pada kualifikasi terakhir tahun lalu.

Acara LPS Kejurnas Atletik U16 & Indonesia U18 Open Championships 2024 diikuti oleh lebih dari 1.000 atlet, pelatih, dan ofisial dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, serta perwakilan dari tujuh negara yaitu Australia, Thailand, Timor Leste, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, Filipina. 

Kejuaraan ini akan mempertandingkan 200 nomor lomba mulai tanggal 20-24 Juli 2024. Selain itu, puluhan UMKM lokal ikut berpartisipasi dalam acara ini, sebagai dukungan untuk perekonomian daerah.

“LPS Kejurnas Atletik U16 & Indonesia U18 Open Championships 2024 diharapkan dapat menjadi ajang yang inspiratif, membawa semangat baru, dan mempersiapkan atlet-atlet muda Indonesia untuk berprestasi di tingkat dunia,” pungkas Luhut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas