Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Indonesia Pingpong League 2024 Siap Digelar: Bantu Bangkitkan Prestasi Tenis Meja Indonesia

Dalam rangka untuk membantu meningkatkan prestasi atlet tenis meja Indonesia, turnamen Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 siap bergulir di Jakarta.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Indonesia Pingpong League 2024 Siap Digelar: Bantu Bangkitkan Prestasi Tenis Meja Indonesia
Tribunnews/Abdul Majid
caption: Ketua Panitia IPL 2024, Yon Mardiono beserta jajarannya foto bersama usai konnferensi pers Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 di Oemar Basri Syaaf Hall, Koarmada RI, Jakarta, Rabu (24/7/2024). Tribunnews/Abdul Majid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam rangka untuk membantu meningkatkan prestasi atlet tenis meja Indonesia, turnamen Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 siap bergulir di Jakarta.

Ketua Panitia IPL 2024, Yon Mardiono berharap IPL bisa jadi oase di tengah minimnya kompetisi tenis meja Tanah Air.




Terlebih sistem kompetisi mengadopsi liga-liga top Eropa.

“Kami terinspirasi dari liga-liga tenis meja top Eropa seperti Swedia dan Jerman, maka IPL akan menerapkan tiga seri reguler dan satu seri grand final,” kata Yon Mardiono dalam konferensi pers di Oemar Basri Syaaf Hall, Koarmada RI, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Mantan atlet tenis meja nasional itu juga berharap IPL bisa melahirkan database atau rujukan atlet yang layak masuk pelatnas Indonesia.

“Visi dan misi dari IPL sebetulnya simpel, menjadi ruang kompetisi tenis meja di Indonesia yang mempunyai database. Jadi, butuh satu kompetisi profesional untuk bisa menginformasikan database atlet baik dari segi ranking dan market,” kata Yon Mardiono.

BERITA TERKAIT

“Selain itu, liga ini juga bisa jadi tolok ukur perkembangan klub-klub yang ada di Indonesia sekarang sudah seperti apa,” sambungnya.

Oleh karena itu, IPL 2024 menerapkan syarat ketat bagi klub-klub peserta. Setiap klub peserta wajib memiliki tempat latihan, struktur kepengurusan, hingga kontrak resmi dengan pemain.

Klub wajib melakukan kontrak terhadap para atletnya selama 1 musim kompetisi (6 bulan) sehingga tidak dapat terjadi perpindahan atlet saat satu musim berjalan.

“Klub juga wajib mengikat atlet dengan menunjukan surat kontrak atau beasiswa, maupun gaji dengan nilai minimal Rp2 juta dan maksimal Rp25 juta setiap bulannya," terang Yon Mardiono.

IPL 2024 akan terdiri dari tiga seri dan grand final. IPL Seri 1 akan berlangsung pada 25-28 Juli di Oemar Basri Syaaf Hall, Jakarta.

Turnamen Pra IPL ini akan menghasilkan tiga divisi, yakni Divisi Elite, Divisi 1, dan Divisi 2.

Nantinya Divisi Elite akan dihuni tim-tim juara di masing-masing pool. Sementara Divisi 1 diikuti runner up dari masing-masing pool.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas