Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pecahkan Rekornas di Half Maraton Nasional, Robi Syianturi Tertantang Pecahkan Rekornas Full Maraton

Robi baru saja memecahkan rekor nasional (rekornas) kategori Half Marathon, dengan catatan waktu 1 jam, 4 menit dan 48 detik.

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pecahkan Rekornas di Half Maraton Nasional, Robi Syianturi Tertantang Pecahkan Rekornas Full Maraton
Tribunnews/Alfarizy
Pelatih lari jarak jauh nasional Wita Witarsa dan atlet lari jarak jauh nasional Robi Syianturi. 

Seusai Catatkan Rekornas di Half Maraton Nasional, Robi Syianturi Tertantang Pecahkan Rekornas Maraton

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Atlet lari jarak jauh Indonesia, Robi Syianturi tampak tidak ingin puas diri setelah mencatatkan rekor nasional di nomor half maraton.

Ya, Robi baru saja memecahkan rekor nasional (rekornas) kategori Half Marathon, dengan catatan waktu 1 jam, 4 menit dan 48 detik.

Hasil tersebut diraih Robi saat terjun di Gold Coast Marathon 2024, di Australia, Sabtu (6/7/2024).

Robi berhasil memecahkan rekornas yang dipegang oleh Eduardus Nabunome pada ajang yang sama tahun 1989 dengan catatan waktu 1 jam, 5 menit dan 43 detik.

Berkat dukungan dari para pemangku kepentingan, termasuk brand pendukungnya, ASICS Indonesia, Robi pun berhasil mengukir prestasi.

BERITA TERKAIT

Seolah tidak ingin puas atas pencapaian itu, atlet asal Bangka Belitung tersebut berambisi untuk memecahkan rekor kategori maraton.

Dia pun berharap terus mendapatkan dukungan demi bisa menciptakan rekornas baru di lari jarak jauh tanah air.

Rekornas maraton saat ini masih dipegang oleh Eduardus Nabunome, dengan catatan waktu 2 jam, 19 menit, 18 detik, yang tercipta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 1993.

"Selanjutnya mudah-mudahan ASICS terus berpartisipasi dalam karier saya, semoga kedepannya saya berlatih terus, khususnya di nomor marathon, semoga bisa pecah (rekor nasional) juga," kata Robi.

"Karena marathon ini sudah cukup lama tidur nyenyak, dari tahun 1993, semoga dari beberapa atlet, saya menjadi salah satunya yang memecahkan rekor nasional di nomor marathon," sambungnya.

Sementara itu, pelatih Robi Syianturi, Wita Witarsa, mengatakan dirinya ingin membantu Robi menciptakan rekornas baru.

Pelatih lintas-generasi yang juga melatih Eduardus Nabunome itu pun berharap Robi bisa terus mendapatkan dukungan untuk menciptakan sejarah baru.

Wita pun sudah menyusun serangkaian ajang lari untuk Robi dalam beberapa waktu ke depan.

Atlet asal Bangka Belitung itu direncanakan terjun di Valencia Marathon, 1 Desember 2024. Kemudian kembali berlari di Gold Coast Marathon 2025 (6-7 Juli).

Robi diharapkan bisa mengukir rakornas sekaligus prestasi untuk Indonesia ketika berlaga di SEA Games Bangkok 2025 (7-19 Desember).

"Saya ingin bulan Desember (2024) ini dikirim ke Valencia. Nanti bulan Juli-nya itu ke Gold Coast dan nanti di Desember kan ada SEA Games, targetnya di maraton," ucap Wita.

"Nah Robi siap enggak? Artinya siap untuk pecahan ekor enggak? Kalo siap, ya saya persiapkan dia untuk pecahan ekor," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas