Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Sedih Atlet Bulu Tangkis Banyak yang Gugur di Olimpiade Paris

Menpora Dito Ariotedjo mengaku sedih atas tersingkirnya sejumlah atlet bulu tangkis (badminton) Indonesia di fase penyisihan grup Olimpiade Paris. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menpora Sedih Atlet Bulu Tangkis Banyak yang Gugur di Olimpiade Paris
PBSI/Badmintonphoto/Yohan Nonotte
Anthony Sinisuka Ginting terhenti di fase grup Olimpiade Paris 2024. Menpora Dito Ariotedjo mengaku sedih atas tersingkirnya sejumlah atlet bulu tangkis (badminton) Indonesia di fase penyisihan grup Olimpiade Paris. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku sedih atas tersingkirnya sejumlah atlet bulu tangkis (badminton) Indonesia di fase penyisihan grup Olimpiade Paris

Namun, Dito mengatakan bahwa di olimpiade, cabor yang dijagokan meraih medali bukan hanya bulu tangkis.

"Kita memiliki chance besar itu di wall climbing, weight lifting. Dan Alhamdulillah kemarin panahan Diananda bagus, dan untuk badminton kita harus bersedih karena Jojo dan Ginting sudah out," ujar Dito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Dito kemudian berharap agar atlet bulu tangkis yang masih berjuang di olimpiade bisa memberikan yang terbaik.

"Tapi ini Fajar insya allah bisa masuk, semoga bisa lolos sampai semifinal dan lalu ke final. Dan Gregoria, kita sangat berharap. Jadi ini kita memohon doa dan support dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan semangat atlet kita di Olimpiade," jelasnya.

Dito sendiri sudah melakukan pembahasan bersama Presiden Joko Widodo dalam rapat internal terbatas pada Kamis.

Menurutnya, pemerintah ingin menguatkan fondasi pembibitan atlet secara lebih merata di daerah. 

BERITA TERKAIT

"Kita ingin target kita di Olimpiade yang selanjutnya ini Indonesia memiliki peringkat yang lebih baik, dan memiliki medali tidak hanya dari badminton, tapi berbagai cabang olahraga seperti negara-negara maju. Inilah yang harus kita kuatkan," tandas Dito.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja, buka suara terkait performa atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Dari enam wakil yang dikirim, hanya dua wakil saja yang lolos dari fase grup turnamen empat tahunan itu.

Dua wakil yang lolos ke 16 besar adalah Gregoria Mariska Tunjung di sektor tunggal putri dan sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung ketika beraksi di Olimpiade Paris 2024.
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung ketika beraksi di Olimpiade Paris 2024. (PBSI)

Sementara itu, empat atlet yang terhenti di fase grup adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

"Dari penampilan atlet-atlet kita yaitu Rinov/Pitha, Apri/Fadia dan Jonatan juga Ginting pasti ada kekecewaan," kata Ricky Soebagdja, dalam keterangan yang diterima Tribunnews.

"Saya tahu sebagai atlet pasti tidak mau kalah tapi kami perlu lihat bagaimana permainan di lapangan, bagaimana daya juang di lapangan," imbuhnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas