Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Jadwal Pengumuman Tuan Rumah Piala Dunia Voli Wanita 2025: Ada Indonesia, PBVSI Kudu Berbenah

Minggu ini menjadi pengumuman siapa tuan rumah Piala Dunia Voli Wanita 2025, di mana Indonesia sudah ikut bidding, PR PBVSI bertambah

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Jadwal Pengumuman Tuan Rumah Piala Dunia Voli Wanita 2025: Ada Indonesia, PBVSI Kudu Berbenah
Laman resmi VolleyballWorld
Zehra Gunes (nomor 18, tengah) bersama pemain timnas voli putri Turki lainnya melakukan selebrasi setelah meraih kemenangan atas Italia di Volleyball Nations League (VNL) 2023 babak perempat final di Amerika Serikat, Jumat (14/7/2023). Turki kalahkan Italia 3-0. 

TRIBUNNEWS.COM - Jadwal pengumuman tuan rumah Piala Dunia Voli Wanita 2025 yang melibatkan Indonesia. Megawati Hangestri berpeluang besar tampil di kejuaraan dunia sekaliber 2025 FIVB Volleyball Women's World Championship.

Diketahui 4 negara telah mengajukan bidding sebagai host Piala Dunia Voli Wanita 2025.

Keempat negara tersebut meliputi HongKong, Vietnam, Thailand dan Indonesia

Indonesia sempat ikut bidding untuk tuan rumah 2025 FIVB Volleyball Men's World Championship. Namun gagal. 

Timnas voli Putri Polandia ukir sejarah dengan mendapat medali perunggu pertama sepanjang masa dalam ajang VNL 2023 setelah mengalahkan Amerika Serikat, Senin (17/7/2023).
Timnas voli Putri Polandia ukir sejarah dengan mendapat medali perunggu pertama sepanjang masa dalam ajang VNL 2023 setelah mengalahkan Amerika Serikat, Senin (17/7/2023). (Laman Resmi Volleyballworld)

Oleh karena itu PP PBVSI kemudian mengalihkan proses bidding lagi untuk kategori putri. Kabar terbaru dari media Turki, Voleybolun Sesi, FIVB sebagai Federasi Bola Voli Dunia akan mengumumkan siapa yang berhak menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan.

Dalam keterangannya, pengumuman itu akan dilakukan minggu ini.

"Dalam beberapa hari ke depan, tepatnya minggu ini, FIVB akan mengumumkan siapa yang menjadi tuan rumah FIVB Volleyball Women's World Championship, antara HongKong, Indonesia, Vietnam dan Thailand," terang pernyataan tersebut.

BERITA TERKAIT

Mulai 2025, Kejuaraan Dunia Bola Voli akan diperluas hingga melibatkan 32 tim, meningkat dari sebelumnya 24 tim. 

Selain itu, turnamen tersebut akan diadakan dua tahun sekali, bukan empat tahun sekali. 

Ini yang kemudian menimbulkan prediksi, bahwa tuan rumah 2025 FIVB Volleyball Women's World Championship akan dilaksanakan oleh dua negara.

Wajar jika beberapa waktu lalu, Thailand sempat mengajak Indonesia untuk berpartner dalam bidding sebagai tuan rumah.

Baca juga: Ajak Indonesia, Thailand Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Voli Wanita 2025

Dengan menjadi tuan rumah bersama, risiko dan manfaat dapat dibagi sekaligus memperkuat persahabatan antara negara-negara tuan rumah, dan mempromosikan voli di Asia Tenggara.

Asia Tenggara pun dinilai memiliki potensi menjadi tuan rumah bersama Kejuaraan Dunia Bola Voli Wanita FIVB 2025 karena kawasan ini merupakan pasar bola voli yang besar dan berkembang pesat di Asia. 

Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya popularitas voli di negara-negara seperti Thailand, yang menjadi tuan rumah sejumlah turnamen bola voli dan voli pantai. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas