Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Fakta Pole Position MotoGP San Marino 2024: Haram bagi Marc Marquez kalau Mau Podium Juara

Marc Marquez pantang Pole Position MotoGP San Marino 2024 jika ingin mengakhiri balapan utama sebagai pemenang di Sirkuit Misano.

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in Fakta Pole Position MotoGP San Marino 2024: Haram bagi Marc Marquez kalau Mau Podium Juara
Jure Makovec / AFP
(Depan, dari kiri) Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia, pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez dan pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin berlomba di awal Sprit Race, bagian dari akhir pekan MotoGP Austria di Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Perebutan Pole Position MotoGP San Marino 2024 menghadirkan fakta menarik yang melibatkan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez.

Berkaca dari pola juara MotoGP San Marino yang pernah diraih Marc Marquez, MM93 haram memulai balapan sebagai Pole Position alias start dari P1.

Siapa pembalap Pole Position MotoGP San Marino 2024 dapat diketahui setelah sesi Kualifikasi di Sirkuit Misano rampung. Kualifikasi MotoGP San Marino 2024 dijadwalkan berlangsung mulai jam 15.50 WIB, Sabtu (7/9/2024).




Tiga pembalap difavoritkan meraih Pole Position MotoGP San Marino 2024. Ketiganya adalah Jorge martin (Pramac Ducati), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Marc Marquez.

(Depan, dari kiri) Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia, pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez dan pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin berlomba di awal Sprit Race, bagian dari akhir pekan MotoGP Austria di Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024.
(Depan, dari kiri) Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia, pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez dan pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin berlomba di awal Sprit Race, bagian dari akhir pekan MotoGP Austria di Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. (Jure Makovec / AFP)

Ketiga pembalap itu sama-sama memiliki status pernah memenangkan balapan MotoGP San Marino.

Hanya saja jika berbicara Pole Position, hanya Marc Marquez yang dari ketiga rider itu yang bak kena kutukan. Sebab, Jorge Martin dan Pecco Bagnaia mampu mengkonversikan start balapan dari P1 menjadi kemenangan Grand Prix San Marino.

Pecco Bagnaia mampu melakukan itu di edisi MotoGP San Marino 2021. Sedangkan Jorge Martin juga mengikuti jejak serupa di tahun 2023.

BERITA TERKAIT

Sayangnya tidak demikian dengan Marc Marquez.

MM93 menjadi salah satu pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di San Marino. Dia bersama Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo berbagai jumlah kemenangan MotoGP San Marino sebanyak 3 kali.

Namun kemenangan yang diraih Marc Marquez tidak ada satupun yang berasal saat dirinya start balapan di Misano dari posisi pertama alias Polesitter.

Kemenangan pertama Marc Marquez di MotoGP San Marino sejak debut kelas premier, terjadi di tahun 2015. Saat itu The Baby Alien start dari urutan kedua.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2024: Hari Ini Marc Marquez Cs Beraksi, FP1 Start Jam 15.45 WIB

Marc Marquez kembali memenangkan MotoGP San Marino edisi 2017 di mana dia memulai balapan dari posisi tiga. Dan yang terakhir, MM93 juara MotoGP San Marino 2019 ketika start dari P5.

Marquez tercatat sekali start dari P1 di Misano pada Grand Prix Marino tahun 2013. Namun dia gagal mengkonversikannya menjadi podium utama setelah finis di posisi kedua di belakang Jorge Lorenzo.

Ini menjadi pola bagi juara dunia MotoGP 6 kali ini. Jika dirinya pantang mengawali race sebagai pole position jika ingin memenangkan MotoGP San Marino 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas