Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kawal Akuntabilitas Tata Kelola PON XXI, BPKP Terjunkan 77 Auditor

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menerjunkan 77 auditor untuk mengawal akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan PON.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Kawal Akuntabilitas Tata Kelola PON XXI, BPKP Terjunkan 77 Auditor
tangkapan layar Wikipedia
LOGO PON- Logo PON 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara. PON digelar pada 9 September hingga 20 September 2024. 

Kawal Akuntabilitas Tata Kelola PON XXI, BPKP Terjunkan 77 Auditor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menerjunkan 77 auditor untuk mengawal akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

"Pengawasan BPKP dilakukan untuk menjaga akuntabilitas penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024. BPKP juga bersinergi dan berkolaborasi dengan APIP kementerian terkait serta Inspektorat Aceh dan Provinsi Sumatera Utara dalam mengawal akuntabilitas dan tata kelola event olahraga berskala nasional ini," kata Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Raden Suhartono, Rabu (11/9/2024).




Total auditor BPKP pusat dan perwakilan yang dikerahkan berjumlah 77 orang di Aceh dan Sumut yang terdiri atas BPKP pusat 14 orang, BPKP Perwakilan Aceh 41 orang, serta BPKP Perwakilan Provinsi Sumut sebanyak 22 orang.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (Polhukam PMK) Iwan Taufiq Purwanto mengharapkan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat meraih empat sukses, yakni prestasi, penyelenggaraan, ekonomi, dan sukses administrasi.

"Satu lagi tambahan, yaitu sukses pemanfaatan aset pasca-PON," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan PON merupakan ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa, pemecah rekor dunia, calon peraih medali emas di Asian Games, SEA Games, bahkan Olimpiade.

BERITA TERKAIT

Presiden mengajak seluruh peserta agar menjadikan PON sebagai ajang mempererat persatuan dan mengokohkan tali persaudaraan.

"Oleh sebab itu, saya titip betul pegang teguh sportivitas dan fair play. Mari kita semua merayakan pekan olahraga nasional ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri," ungkapnya.

PON XXI 2024 yang digelar di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumut pada 9-20 September 2024, diikuti 6.287 atlet dan 3.158 ofisial di Aceh serta 6.618 atlet dan 3.320 official berlaga di Sumatera Utara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas