Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Daftar Lengkap Pemenang Para Badminton International 2024: Indonesia Juara Umum Tiga Tahun Beruntun

kontingen Indonesia sukses meraih 10 emas dari 20 kategori yang dipertandingkan di Indonesia Para Badminton 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Daftar Lengkap Pemenang Para Badminton International 2024: Indonesia Juara Umum Tiga Tahun Beruntun
HandOut/IST/PB Djarum
Prem Kumar Ale/Alphia James berhasil menggagalkan upaya Indonesia untuk menambah medali emas dari nomor Ganda Campuran WH 1 – WH 2 usai mengalahkan pasangan Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti dengan kedudukan akhir 21-11,21-9 pada babak final Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 yang diselenggarakan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/9). 

Daftar Lengkap Juara Para Badminton International 2024: Indonesia Juara Umum Tiga Tahun Beruntun

TRIBUNNEWS.COM – Atlet-atlet Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum di ajang bertajuk Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional 2024. 

Pada babak final di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/9/2024), kontingen Indonesia sukses meraih 10 emas dari 20 kategori yang dipertandingkan.

Kemenangan ini membuat tim Indonesia menjadi juara umum turnamen tersebut selama tiga tahun berturut-turut.

Baca juga: Indonesia Para Badminton International 2024 Naik Level: Juara Paralimpiade Tampil, India Lawan Berat

Jalannya Pertandingan di Babak Final

Keran kemenangan tim Indonesia dibuka oleh Ganda Campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang pada babak final bertemu dengan pasangan Indonesia lainnya, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah.

Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang berstatus unggulan pertama masih terlalu tangguh buat pasangan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah.

 Mereka mengunci gelar juara lewat pertarungan dua gim dengan skor 21-12,21-10 sekaligus mempertahankan gelar yang sudah dimenangi tahun lalu.

BERITA TERKAIT

“Pertandingan final berjalan lancar, sesuai harapan, kami bisa menang dengan baik. Ini adalah keberhasilan kedua kami menjadi juara di Indonesia Para Badminton dari nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5. Sebelumnya kami juga meraih medali emas di Indonesia Para Badminton 2023. Kami senang dapat memberikan sumbangsih demi kejayaan Tim Merah Putih di pentas Internasional,” kata Ratri.

Pasangan peraih medali emas Paralimpiade Paris 2024 itu juga berharap kesuksesan mereka di Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 dapat menjadi inspirasi dan motivasi buat seluruh pemain-pemain bulu tangkis Tanah Air.

“Dengan adanya turnamen bergengsi yang diselenggarakan di Indonesia dan kesuksesan yang kami raih, semoga atlet-atlet para badminton lain semakin bersemangat untuk lebih giat berlatih dan bisa menambah jam terbang di turnamen level internasional,” ucap Hikmat menambahkan.

Keberhasilan mendulang medali emas juga dilakukan Subhan. Atlet Tunggal Putra SH 6 itu mendapat perlawanan tangguh dari wakil India, Sivarajan Solaimalai, dalam pertarungan dua gim dengan skor 21-19,21-15. Kepastian menjadi kampiun merupakan keberhasilan kedua Subhan di Indonesia Para Badminton karena sebelumnya ia juga pernah menjadi juara pada 2022.  

“Sivarajan Solaimalai lawan yang bagus karena saya sudah beberapa kali melawan dia di ajang Internasional. Bahkan, di final saya cukup grogi dan terlambat panas sehingga sempat tertinggal di awal pertandingan. Namun, Saya baru mulai panas, mengontrol dan mengatur irama permainan di pertengahan gim pertama. Alhamdullilah saya bisa menjadi juara di rumah sendiri dan memenangi gelar juara kedua di Tunggal Putra SH 6 Indonesia Para Badminton. Saya ingin mempersembahkan medali emas ini untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Subhan.

India Terbanyak Kedua

Sementara itu, India menjadi negara kedua yang mengumpulkan medali emas terbanyak di Indonesia Para Badminton International 2024 dengan raihan 6 emas. 

Salah satunya disumbangkan dari kategori Ganda Campuran WH 1 – WH 2 yang diwakili pasangan Prem Kumar Ale/Alphia James. Mereka berhasil menggagalkan upaya Indonesia untuk menambah medali emas dari nomor ini usai mengalahkan pasangan Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti dengan kedudukan akhir 21-11,21-9. 

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas