Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Edukasi Pelari Soal Pemilahan Sampah, Operasi Semut Digelar di Jakarta Running Festival 2024

Head of Corporate Communication Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan, pihaknya terus mendukung inisiatif-inisiatif yang mendorong perubahan positif

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Edukasi Pelari Soal Pemilahan Sampah, Operasi Semut Digelar di Jakarta Running Festival 2024
Tribunnews/Alfarizy
Aksi Asri Operasi Semut di Jakarta Running Festival 2024, Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2024). 

Edukasi Pelari Soal Pemilahan Sampah, Operasi Semut Digelar di Jakarta Running Festival 2024
 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), kembali meramaikan ajang lari bertaraf internasional, Jakarta Running Festival (JRF) 2024. 

Perusahaan penyedia solusi energi, kimia, dan infrastruktur itu menghadirkan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik, sepanjang acara berlangsung 10-13 Oktober 2024 di Expo Jakarta Running Festival 2024, Istora Senayan, Jakarta.
 
Head of Corporate Communication Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan, pihaknya terus mendukung inisiatif-inisiatif yang mendorong perubahan positif di masyarakat.

Sebagai bagian agenda festival, pada puncak acara yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu, 12-13 Oktober, digelar pula Aksi Asri Operasi Semut.

Gerakan ini melibatkan sekitar 35 relawan dari masyarakat umum (Warga Asri) dan karyawan Chandra Asri Group. 

Operasi Semut itu berfokus untuk mengedukasi langsung kepada para peserta festival, termasuk para pelari, mengenai pentingnya memilah sampah. 

Selain edukasi, relawan juga akan melakukan pembersihan sampah di area expo, membantu menciptakan pengalaman Jakarta Running Festival 2024 yang lebih bersih selama berlangsungnya acara.
 
Aksi Asri Operasi Semut sebelumnya telah berjalan sebanyak 5 kali di beberapa lokasi seperti Kawasan Car Free Day FX Jakarta, Kota Tua Jakarta, dan Jakarta Marathon tahun 2023.

BERITA REKOMENDASI

Berdasarkan keterangan perusahaan, dari seluruh kegiatan bersih itu, setidaknya lebih dari 130kg sampah terkelola dan tidak menumpuk di TPA.
 
“Kegiatan edukasi dan aksi bersih ini tidak hanya mendukung aspek lingkungan dari Jakarta Running Festival 2024, tetapi juga menambahkan dimensi sosial dan edukatif bagi para pelari dan pengunjung," ujar Chrysanthi, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2024).

"Melalui partisipasi Chandra Asri Group dan Indonesia Asri, kami berharap masyarakat yang hadir dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan, sejalan dengan salah satu dari lima pilar yang diusung JRF 2024, yaitu keberlanjutan. paparnya.

Melalui edukasi pengelolaan sampah pada event Jakarta Running Festival 2024, Chandra Asri Group berharap gerakan ini bisa bertumbuh konsisten di masyarakat.

Hal itu selaras dengan konsep eco-friendly festival yang ingin memberikan pengalaman bagi peserta untuk belajar memilah sampah dengan benar.

“Dengan semangat Indonesia Asri, kami mengajak runners dan pengunjung di JRF 2024 untuk aktif memilah sampah sebagai bagian penting dalam proses pengelolaan sampah berbasis ekonomi sirkular, sesuai dengan semangat sportivitas dan keberlanjutan selama acara ini berlangsung,” ungkap Chrysanthi.

Selama Expo Jakarta Running Festival 2024 berlangsung, Chandra Asri Group telah memasang sepuluh tempat sampah terpilah di area F&B, yang terdiri dari empat kategori yaitu, plastik, kertas, organik, dan lainnya. 
 
Tidak hanya itu, di booth Indonesia Asri,  pengunjung juga bisa mengikuti permainan edukatif seperti “Race Game Pilah Sampah”, Trivia quiz di microsite Indonesia Asri.

Booth ini juga memamerkan produk hasil olahan sampah plastik low-value, seperti Aspal Plastik, Bahan Bakar Plastik, Refuse-Derived Fuel (RDF).

Pemeran dalam booth ini ditujukan untuk mengedukasi peserta festival tentang bagaimana sampah plastik dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tinggi.
 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas