Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Javi Martinez: Bundesliga Satu dari Tiga Liga Terbaik di Dunia

Dua tim raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund dipastikan akan beradu kebolehan pada laga final Liga Champions

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA – Gelandang Bayern Muenchen, Javi Martinez, menyambut positif duel sesama tim Jerman di final Liga Champions 2012/13.Menurut Javi Martinez, Bundesliga berhasil membuktikan diri sebagai salah satu liga terbaik di dunia.

Dua tim raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund dipastikan akan beradu kebolehan pada laga final Liga Champions yang akan digelar di Wembley, London, 26 Mei 2013 mendatang. Bayern Muenchen melangkah ke final usai menyingkirkan Barcelona, sedangkan Borussia Dortmund menyingkirkan Real Madrid.

Kesuksesan Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund membuat banyak orang memandang persepakbolaan Jerman saat ini jauh lebih baik dibandingkan Real Madrid. Namun, Javi Martinez yang pernah bermain di Spanyol bersama Athletic Bilbao, memiliki penilaian yang berbeda.

“Saya tidak tahu jika persepakbolaan Jerman saat ini sedang memasuki fase yang lebih baik dibandingkan dengan persepakbolaan Spanyol. Saya hanya tahu saat ini di Jerman semuanya berjalan secara baik, stadion selalu penuh. Bundesliga harus melanjutkan apa yang sedang mereka lakukan. Saya tidak yakin jika Bundesliga adalah liga terbaik di dunia tapi saya yakin, Bundesliga termasuk satu dari tiga yang terbaik,” ujar Martinez dikutip TRIBUnews.com dari situs resmi UEFA.

Kepastian Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund menembus final Liga Champions menjadi pertama kalinya dua tim Jerman bertemu. Selain itu, kepastian tersebut membuat untuk pertama kalinya dalam 12 tahun Si Kuping Lebar akan diangkat oleh tim Jerman. Bayern Muenchen menjadi tim terakhir ketika menjadi juara pada 2001. Jerman pun menjadi negara keempat yang berhasil menyumbangkan dua klubnya ke babak final Liga Champions setelah Spanyol (2000), Italia (2003), dan Inggris (2008).

Menjadi yang pertama di Liga Champions, namun tidak di kompetisi Eropa. Pada final Piala UEFA 1979/80, dua tim asal Jerman juga pernah bertemu. Ketika itu Borussia Moenchenglandbach bertemu Eintracht Frankfurt. Pelatih Bayern Muenchen saat ini, Jupp Heynckes, ketika itu mengarsiteki Borussia Moenchengladbach namun gagal menjadi juara. 

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas