Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Rahmad Darmawan: Palestina Punya Pertahanan yang Baik

Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saat berjumpa Palestina pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Rahmad Darmawan: Palestina Punya Pertahanan yang Baik
aremafc
Rahmad Darmawan 

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saat berjumpa Palestina pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola ajang Islamic Solidarity Games (ISG) III di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (25/9/2013) malam.

Kemenangan 1-0 dari Maroko di pertandingan pertama pada Kamis (19/9) membuat skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan tinggal selangkah lagi melaju ke babak semifinal. Indonesia sementara menempati peringkat pertama Grup B berada di atas Maroko dan Palestina.

Sementara itu, Palestina lawan yang akan dihadapi menderita kekalahan 1-3 dari Maroko pada Senin (23/9). Pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan menyaksikan langsung pertandingan itu sekaligus untuk mengintip kekuatan calon lawan.

Berdasarkan pemantauan, pelatih Arema Indonesia itu menilai, Palestina mempunyai pertahanan yang sangat baik. Negara itu bermain sepak bola mengandalkan serangan balik cepat dari kedua sisi sayap, kemudian memberikan umpan silang berbahaya ke arah gawang.

“Mereka mempunyai pertahanan yang solid. Mengandalkan counter attack yang sangat baik sekali sehingga hal itu yang juga harus kami waspadai. Mereka selalu membuat sulit di dua sisi sayap. Itu taktik mereka. Makanya tim harus dipersiapkan untuk menghadapi mereka,” tutur RD.

Indonesia tidak dapat memainkan bek naturalisasi asal Belanda, Diego Michiels dikarenakan menderita hukuman kartu merah. Ketidakhadiran Diego coba digantikan oleh Johan Ahmad Alfarizi. Selain absennya pemain Sriwijaya FC itu, komposisi pemain di setiap lini kemungkinan akan mengalami perubahan.

Kuartet lini pertahanan, yakni Diego Michiels, Alfin Ismail Tuasalmony, Andri Ibo dan Manahati Lestusen akan mengalami perubahan. Di lini tengah yang sebelumnya diperkuat Ramdhani Lestaluhu, David Laly, Dedi Kusnandar dan Bayu Gatra akan diisi oleh Rasyid Bakrie, Syahroni, dan gelandang lincah Oktovianus Maniani. Sedangkan di lini depan, Fandi Eko Utomo pencetak gol pada laga melawan Maroko, coba dimainkan sejak menit pertama.

BERITA TERKAIT

Rahmad Darmawan mengaku, rotasi pemain dilakukan untuk mencari formasi yang tepat. Apalagi tim ini dipersiapkan berlaga di SEA Games XXVII di Myanmar pada Desember 2013. “Saya akan melakukan rotasi pemain sekitar 70 persen. Mengenai strategi apa yang akan diterapkan, dilihat saja besok,” tuturnya.

PSSI mengirimkan tim nasional Indonesia U-23 berlaga di ISG III di kota Palembang, Sumatera Selatan pada 22 September – 1 Oktober. Sejumlah 33 pemain tergabung di skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan, para pemain itu tengah menjalani seleksi tahap akhir. Timnas U-23 dipersiapkan berlaga di SEA Games XXVII di Myanmar pada Desember 2013.

Proses seleksi akan berlangsung sampai pekan ketiga bulan Oktober. Nantinya terpilih 25 pemain yang mengikuti pemusatan latihan timnas U-23. Selama pemusatan latihan skuat ‘Garuda Muda’ dijadwalkan menjalani tiga kali uji coba, baik dengan tim lokal maupun asing.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas