Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Nigel De Jong Tepat Gantikan Lucas Leiva

Statistik menunjukkan De Jong merupakan pemain yang cocok untuk menggantikan Lucas.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
zoom-in Nigel De Jong Tepat Gantikan Lucas Leiva
zimbio
Nigel De Jong 

TRIBUNNEWS.COM, LIVERPOOL – Liverpool dikabarkan berencana meminjam Nigel De Jong dari AC Milan setelah Lucas Leiva mengalami cedera lutut. Statistik menunjukkan De Jong merupakan pemain yang cocok untuk menggantikan Lucas.

Lucas Leiva merupakan pemain yang berfungsi sebagai jangkar dan berada di posisi yang paling dekat dengan lini pertahanan. Dalam formasi 4-1-3-2 yang biasa diterapkan Brendan Rodgers, Lucas berada di posisi terdalam dengan Steven Gerrard, Jordan Henderson, atau Joe Allen di depan sebagai gelandang tengah.

Nigel De Jong memiliki posisi bermain yang sama dengan Lucas. Selain posisi, pemain asal Belanda itu juga memiliki atribut yang tidak kalah dari Lucas.

Sebagai gelandang bertahan, atribut yang utama adalah kemampuan melakukan tackle dan intercept. Seperti yang dilansir oleh whoscored.com, di Premier League musim ini, Lucas merupakan pemain dengan tackle terbanyak, yaitu 74. Di Serie A, jumlah tackle De Jong masih jauh dari Lucas, yaitu 48 namun, De Jong justru lebih banyak melakukan intercept dari pemain Brasil itu. Rata-rata De Jong 3,3 kali melakukan intercept per pertandingan, sedangkan Lucas hanya 2,5 kali.

Kesamaan Lucas dan De Jong adalah lebih suka memberikan umpan mudah kepada rekan-rekan setim. Keduanya memiliki akurasi umpan sukses yang mencapai 90%. Bedanya, De Jong yang pernah bermain untuk Manchester City lebih sering terlibat dalam permainan dibandingkan Lucas. Rata-rata eks Ajax Amsterdam tersebut melepaskan 70 umpan per pertandingan, sedangkan Lucas 60,8 umpan.

Nigel De Jong juga lebih sering terlibat dalam proses terciptanya gol. Di Serie A musim ini De Jong sudah menyumbangkan tiga assist, sedangkan satu pun belum pernah Lucas ciptakan. Namun demikian, keduanya rata-rata melepaskan 1 umpan kunci per pertandingan. 

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas