Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sepuluh Pemain Kosta Rika Cetak Sejarah Usai Tundukkan Yunani Lewat Drama Adu Penalti

Kosta Rika mencatatkan sejarah sebagai tim zona Concacaf pertama yang lolos ke perempatfinal piala dunia usai menang atas Yunani. Belanda menunggu

Penulis: Abraham Utama
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sepuluh Pemain Kosta Rika Cetak Sejarah Usai Tundukkan Yunani Lewat Drama Adu Penalti
FIFA
Selebrasi para pemain Kosta Rika usai menang adu penalti 5-3 atas Yunani. Atas hasil ini, Kosta Rika tercatat sebagai tim dari Zona Concacaf yang sukses melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2014. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Abraham Utama

TRIBUNNEWS.COM, RECIFE - Timnas Kosta Rika berhasil menumbangkan Timnas Yunani melalui adu penalti dengan skor 5-3 pada perdelapanfinal Piala Dunia 2014, Senin (30/6/2014).

Laga ini harus diselesaikan dengan babak tos-tosan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada 2x45 menit dan perpanjangan waktu.

Gol Kosta Rika diciptakan Bryan Ruiz di menit ke-52. Yunani terus menggempur Los Ticos yang bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-66. Bek tengah Yunani Sokratis berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-91.

Pada 2x15 menit perpanjangan waktu, kedua tim tidak mampu memecah kebuntuan mereka. Laga pun harus dilanjutkan ke adu penalti.

Theofanis Gekas yang menjadi algojo keempat Yunani gagal melaksanakan tugasnya. Tendangan kerasnya ke sisi kanan gawang berhasil ditepis tangan kiri Keylor Navas.

Bek Kosta Rika Michael Umana memastikan tiket Los Ticos ke perempatfinal. Umana melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang. Kiper Hellas Orestis Karnezis bergerak ke arah yang tepat tapi tak kuasa menahan laju deras bola. Kosta Rika menang 5-3.

Jalannya pertandingan

Babak pertama dikuasai Kosta Rika. Mereka mencatat 54 persen penguasaan bola namun gagal menciptakan tendangan tepat ke arah gawang.

Sebaliknya, Yunani bermain efektif dengan empat tendangan ke arah gawang. Nyaris seluruh serangan Hellas dibangun melalui serangan balik cepat.

Pada menit ke-52 Bryan Ruiz memecah kebuntuan Los Ticos. Kapten bernomor punggung sepuluh ini melepaskan tendangan pelan menyusur tanah dari luar kotak penalti.

Gol berawal dari umpan Campbell ke Bolanos di sayap kiri. Bolanos lalu menyodorkan bola ke Ruiz yang berdiri bebas. Meski pelan, sepakannya membuat Karnezis tak bergerak dari posisinya.

Berada di atas angin, Kosta Rika mendapat pukulan karena Duarte mendapatkan kartu kuning kedua. Ia menjegal bek kiri Yunani Jose Holebas.

Keadaan ini tetap tidak membuat Yunani mampu membongkar pertahanan rapat Los Ticos. Hellas memang mengurung Kosta Rika di setengah lapangan permainan namun pelung yang mereka ciptakan tak berhasil mengarah ke gawang.

Karagounis pada menit ke-80 mengeksekusi tendangan bebas dari jarak yang ideal. Usaha ini gagal karena tendangannya jauh dari sasaran.

Begitu juga sundulan Manolas di menit ke-82 yang melambung di atas gawang Navas.

Yunani akhirnya berhasil menyamakan kedudukan atas Kosta Rika pada menit ke-91 melalui gol Sokratis. Gol bermula dari umpan lambung Samaras dari tengah lapangan.

Bola jatuh ke kaki Gekas di dalam kotak penalti Kosta Rika. Sambil memutar badannya, pemain yang baru masuk di menit ke-69 ini melepaskan tendangan yang mampu dihadang Navas.

Namun bola mentah justru jatuh ke bek Yunani Sokratis. Pemain Borussia Dortmund ini lalu menendang bola ke gawang Kosta Rika dari jarak dekat.

Pada babak perpanjangan waktu kedua kesebelasan saling serang. Navas bermain menawan dengan menghalau peluang emas terakhir Yunani yang didapat Mitroglou di menit 120.

Saat adu tos-tosan, tiga penendang pertama Yunani, yakni Mitroglou, Lazaros, dan Holebas, berhasil menjalankan tugasnya. Begitu juga dengan empat penendang Los Ticos, yaitu Borges, Ruiz, Gonzalez, dan Campbell.

Sayang, pemain veteran Yunani Theofanis Gekas yang menjadi algojo keempat tak mampu menceploskan bola. Tendangan kerasnya ke sisi kanan gawang berhasil ditepis tangan kiri Keylor Navas.

Kosta Rika melenggang ke perempatfinal setelah Umana melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang dan tak dapat dihadang kiper Hellas Karnezis.

Los Ticos sudah ditunggu Belanda di babak 8 besar. Belanda sebelumnya berhasil menekuk Meksiko dengan skor 2-1.

Kosta Rika: 1-Keylor Navas; 16-Cristian Gamboa (77' Acosta), 4-Michael Umana, 3-Giancarlo Gonzalez, 6-Oscar Duarte, 15-Junior Diaz; 7-Christian Bolanos (83' Brenes), 17-Yeltsin Tejeda (66' Cubero), 5-Celso Borges; 10-Bryan Ruiz; 9-Joel Campbell

Yunani: 1-Orestis Karnezis; 15-Vassilis Torosidis, 19-Sokratis Papasthathopoulos, 4-Kostas Manolas, 20-Jose Holebas; 10-Giorgos Karagounis, 2-Yannis Maniatis (78' Katsouranis), 16-Lazaros Christodoulopoulos, 22-Andreas Samaris (58' Mitroglou); 14-Dimitris Salpingidis (69' Gekas), 7-Giorgos Samaras

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas