Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Brasileiro Rayakan Kemenangan Jerman

Warga Brasil merayakan kemenangan Jerman 1-0 atas Argentina di final Piala Dunia 2014, Senin (14/7), dengan antusias.

Penulis: Yudie Thirzano
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Brasileiro Rayakan Kemenangan Jerman
NET
Para pemain Jerman merayakan juara dunia 2014. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yudie Thirziano dari Brasil
TRIBUNNEWS.COM, BRASIL - Warga Brasil merayakan kemenangan Jerman 1-0 atas Argentina di final Piala Dunia 2014, Senin (14/7), dengan antusias.

Para Brasileiro, sebutan untuk orang Brasil ini,  meniupkan terompet dan petasan di berbagai penjuru Rio de Janeiro setelah Jerman menjadi juara Dunia untuk keempat-kalinya.

Rivalitas Argentina dan Brasil sebagai pemegang superioritas sepak bola di  kawasan Amerika Latin sudah berlangsung seabad lebih. Mereka saling membanggakan diri dan juga saling mengejek.




Karena kebencian pada Argentina pula, para Brasileiro memilih jadi pendukung Jerman --tak peduli tim Panser itulah yang mempermalukan Brasil 7-1 di babak semifinal.

Di kawasan sekitar Stadion Maracana, penduduk keluar rumah setelah pertandingan mengenakan jersey klub Flamengo. Mereka mengejek pendukung Argentina yang melintas di depan rumah.

Ini juga berlaku bagi kerumunan warga Brasil yang menonton di kafe-kafe di sekitar Stadion Maracana. Setiap ada pendukung Argentina yang melintas, fan Brasil langsung mengejek. "Kami juara lima kali, Argentina hanya dua," teriak seorang pendukung Brasil.

Suasana Stadion Maracana memang berbeda di pertandingan final. Nuansa warna kuning tak lagi mendominasi. Pemandangan di Maracana didominasi warna biru putih dan merah dari para pendukung Argentina dan Jerman.

BERITA TERKAIT

Argentina identik dengan warna biru dan putih, sementara para pedukung Jerman mengenakan seragam putih. Adapun warna merah adalah para pendukung Brasil yang sebagian mengenakan jersey tim Flamengo, klub Seri A dari Kota Rio de Janeiro.

Pada hari bersejarah itu, mayoritas warga Brasil mendukung Jerman. Mereka seakan membalas ejekan menyakitkan tentang kekalahan 7-1 dari Jerman. Sejak semifinal hingga sesaat jelang pertandingan final, pendukung Argentina kerap menyanyikan yel-yel tentang skor 7-1 itu.

Setelah pertandingan, sejumlah pendukung Argentina keluar stadion dengan wajah tertunduk. Tak tampak kerumunan yang gemuruh bersorak-sorak seperti yang terjadi di Rio de Janeiro, beberapa hari terakhir.

Sejak lolos semifinal hingga final, pendukung Argentina sudah berpindah ke Stadion Maracana dan Pantai Copacabana. Sementara pendukung Jerman keluar stadion dengan bernyanyi girang.

Di Rua Sao Fransisco Xavier, sekitar 1km dari stadion, beberapa ibu rumah tangga keluar dari apartemen mereka menuju jalanan dengan mengenakan jersey Flamengo. Warga yag lain membuka pintu rumah dan jendela. Saat pendukung Argentina melintas, warga berteriak mengejek.

Beberapa pendukung Argentina membalas dengan berteriak "tujuh", yang lain hanya diam.

Sepanjang jalan di sekeliling Stadion Maracana dipenuhi polisi. Pendukung Jerman yang merayakan gelar juara di sudut Avenida Maracana dan Rua Sao Fransisco Xavier di sisi timur stadion dihentiikan oleh petugas bersenjata pentungan. Polisi mengenakan rompi, tameng dan masker.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas