Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Laos Tak Mau Lagi Jadi Lumbung Gol Kontestan AFF

Dibandingkan tim-tim lain, Laos ibarat sasaran empuk untuk meraih kemenangan. Dari sembilan partisipasi, baru dua kali Laos tidak kemasukan.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Laos Tak Mau Lagi Jadi Lumbung Gol Kontestan AFF
AFF
Timnas Laos 

TRIBUNNEWS.COM - “Kami bukan tim Laos yang sama seperti dua atau tiga tahun lagi,” ujar pelatih tim nasional Laos, David Booth, dikutip Tribunnews.com dari FIFA.com, Kamis (20/11/2014).

Sejak Piala AFF bergulir, Laos merupakan peserta langganan. Termasuk Piala AFF 2014, Laos tidak pernah absen pada turnamen antar negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

Namun demikian, pencapaian Laos menempatkan mereka sebagai tim kelas dua. Sejak 1996, Laos tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup. Selama kurun waktu itu pula Laos baru dua kali meraih kemenangan. Kedua kemenangan itu terjadi pada 1996 dan 2004.

Dibandingkan tim-tim lain, Laos ibarat sasaran empuk untuk meraih kemenangan. Dari sembilan partisipasi sebelumnya, baru dua kali Laos tidak kemasukan dua digit gol. Pada 1998 dan 2002 mereka hanya kemasukan delapan gol selama babak penyisihan grup.

Jumlah gol yang paling banyak diderita Laos terjadi pada tahun 2007. Ketika itu gawang mereka kemasukan 23 gol dan hanya mencetak satu gol. Secara keseluruhan, dari 30 pertandingan Laos baru mencetak 24 gol dan kemasukan 117 gol sejak 1996.

Laos melangkah ke Piala AFF 2014 secara meyakinkan. Meski hanya duduk di peringkat kedua babak kualifikasi, setelah Myanmar, Laos tampil menjanjikan. Laos mengoleksi 10 gol dari empat pertandingan dan kemasukan enam kali. Laos merupakan tim tersubur sepanjang babak kualifikasi.

“Kami sedang menuju ke arah perubahan dan kami selangkah lebih maju dari yang dulu. Dari kebanyakan pertandingan yang kita jalani, kami tampil bagus,” tutur Booth.

BERITA TERKAIT

Laos tergabung di grup A bersama Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Skuat asuhan David Booth akan mengawali Piala AFF 2014 melawan timnas Filipina pada Sabtu (22/11/2014) mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas