Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Benfica vs Bayern Muenchen: Misi Tambah Tekanan

Pada leg pertama di Allianz Arena tengah pekan lalu, gol cepat Arturo Vidal di menit kedua sudah cukup

Penulis: Deny Budiman
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Benfica vs Bayern Muenchen: Misi Tambah Tekanan
Uefa.com
Para pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi usai memastikan tempat di perempat final Liga Champions. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Bayern Muenchen tampak dalam semangat tinggi saat latihan kemarin jelang terbang ke Portugal. Skuat asuhan Pep Guardiola ini akan menyambangi markas Benfica untuk melakoni leg kedua perempatfinal Liga Champions, kamis (14/4) dini hari.

Pada leg pertama di Allianz Arena tengah pekan lalu, gol cepat Arturo Vidal di menit kedua sudah cukup mengantarkan kemenangan Die Rotten 1-0.

Mereka bertandang ke Estadio Da Luz untuk memastikan bisa melangkah ke babak semifinal Liga Champions untuk kelima-kalinya secara berturut-turut.

Keceriaan skuat Muenchen terlihat misalnya dari sikap gelandang Xabi Alonso yang mengacung jempolnya ke arah kamera para fotografers di tempat latihan mereka di Saebener Strasse.

Kendati Bayern berada dalam mood yang bagus, dimana mereka menyapu bersih enam laga terakhir dengan kemenangan, Kapten Philipp Lahm mengaku masih belum merasa puas. Ia merasa timnya masih banyak melakukan kecerobohan.

"Kami harus lebih presisi dalam mengeksekusi bola. Dalam beberapa momen kita kehilangan peluang, dan juga melakukan sejumlah kesalahan tak perlu. Jika dibiarkan, kita akan punya masalah besar," ujar bek kanan ini dikutip dari situs Jerman, Kicker.

Ia menggaris-bawahi, untuk leg kedua dini hari nanti, pasukannya harus tampil lebih menekan. "Kami tak cukup menekan di leg pertama. Kami juga sering tak akurat, ceroboh, dan membuat sejumlah keputusan yang salah," katanya lagi.

BERITA TERKAIT

Kemenangan 1-0 di leg pertama memang bukan menjadi garansi. Ini mengingat Benfica dikenal sebagai tim jago kandang.

Musim ini, tim berjuluk Aguias alias "elang" ini hanya kalah tiga kali di kandang, dengan rincian dua pertandingan Liga Sagres Portugal dan satu pertandingan Liga Champions. Jika melihat performa apik anak asuh Rui Vitoria pada leg pertama, kemungkinan Bayern akan semakin kesulitan saat menghadapi mereka di kandang.

Kedua tim juga berada dalam kepercayaan diri yang cukup tinggi setelah sama-sama mengantongi kemenangan di laga terkahir. Akhir pekan lalu,  Benfica mengalahkan Academica dengan skor 2-1 dan Bayern Munchen mengalahkan Vfb Sttutgart dengan skor 3-1.

Pada laga penting ini, pelatih Rui Vitoria masih kehilangan Julio Cesar, Nuno Santos dan Luisao yang masih cedera. Jonas Goncalves juga tidak bisa diturunkan karena mendapat hukuman larangan bertanding akibat akumulasi kartu kuning. Selebihnya, semua pemain Benfica berada dalam kondisi prima

Memasang formasi 4-4-2 andalannya, Rui Vitoria diprediksi masih akan menduetkan Kostas Mitroglou dan Jonas sebagai ujung tombak As Aguias pada laga tengah pekan nanti. Selain itu, gelandang muda berbakat, Renato Sanches juga akan kembali berduet di lini tengah bersama Lubomir Fejsa. Di sisi sayap, ada dua winger lincah Nicholas Gaitan dan Pizzi yang siap menyulitkan lini pertahanan FC Bayern.

Sementara kubu Bayern Munchen memiliki masalah pelik dengan cedera, khususnya pada sektor pemain bertahan. Tercatat Mehdi Benatia, Holger Badstuber, dan Jerome Boateng absen karena bergelut dengna cedera. Selain itu, Arjen Robben dan Kingsley Coman juga diragukan karena masih dalam pemulihan cedera.

Melihat potensi Benfica yang cukup berbahaya pada leg pertama, Guardiola diprediksi tidak akan menurunkan skema tiga bek pada laga dini hari nanti.  Dengan format 4-3-3 ia akan menempatkan Juan Bernat, David Alaba, Joshua Kimmich, dan Philip Lahm sebagai empat pemain bertahan mereka. Sedangkan untuk lini serang mereka, Guardiola akan menurunkan trisula mautnya yang terdiri dari Franck Ribery, Robert Lewandowski, dan Douglas Costa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas