Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Polisi Tersenyum Sambut Kedatangan Bonek di Jakarta

Tuntutan mereka kala itu juga sama berharap agar Persebaya bisa berada di naungan federasi tertinggi sepakbola Indonesia (PSSI).

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Polisi Tersenyum Sambut Kedatangan Bonek di Jakarta
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan pendukung Persebaya 1927 atau Bonek tiba di Stasiun Senen, Jakarta kemarin. Kedatangan mereka ialah menuntut hak voter dalam kongres luar biasa PSSI yang bakal digelar hari ini di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.

Menurut laporan akun Twitter, Bonek Student Class, massa aksi bela klub Persebaya 1927 ini bersama-sama ingin meminta keadilan. "Kulo Nuwun (permisi), kita cuma kawal tim kebanggaan kita #BelaPersebaya," cuitnya.

Sebelumnya Bonek juga pernah melakukan hal serupa saat kongres PSSI di Ancol pada 3 Agustus 2016. Tuntutan mereka kala itu juga sama berharap agar Persebaya bisa berada di naungan federasi tertinggi sepakbola Indonesia (PSSI).

Sementara itu, Kepala Komunikasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto membenarkan bahwa pendukung Persebaya 1927 kini sudah datang di Jakarta. "Bonek dengan jumlah ratusan orang menuju Kemenpora, mereka sudah sampai di Stasiun Senen," kata Gatot melalui pesan singkat.

Gatot S Dewa Broto juga sempat mendatangi ratusan Bonek yang tiba di Stasiun Senen, Jakarta."Saya on the way ke Stasiun Senen. Bonek nunggu di sana," kata Gatot melalui pesan singkat.

Tidak dijelaskan tujuan perwakilan institusi pemerintah itu menemui secara langsung pendukung Persebaya 1927. Ratusan Bonek berangkat ke Jakarta dari Stasiun Pasar Turi, Surabaya menggunakan kereta api Kertajaya.Tujuan dari para Bonek ini, untuk mengawal jalannya kongres PSSI yang akan dilaksanakan hari ini.

"Semoga cara ini dapat berhasil menjadikan Persebaya Surabaya menjadi voter pada kongres PSSI. Selain itu ini merupakan perjuangan kita terakhir untuk mengawal kongres tersebut," ujar Andie Peci juru bicara bonek.

BERITA TERKAIT

Ditampung di Mes Koja
Ratusan pendukung Persebaya alias bonek yang menduduki Stasiun Senen sejak pukul 09.00 WIB akan dikawal pihak kepolisian menuju mes di daerah Koja. "Kami siapkan satu kompi (100 personel kepolisian) untuk kawal mereka ke Koja," kata AKBP Roma Hutajulu, Wakapolres Metro Jakarta Pusat.

Pengawalan tersebut merupakan bagian dari antisipasi aparat kepolisian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Sifatnya hanya pengawalan. Tapi saya yakin suporter bisa tertib," cetusnya.

Pihak kepolisian sudah berjaga-jaga di sekitar Stasiun Senen sejak pukul 07.30. Polres Metro Jakarta Pusat menyiagakan 100 personelnya di seputar Stasiun Senen.

Pantauan di Stasiun Senen ratusan bonek kini sedang beristirahat di pinggir lokasi stasiun. Beberapa orang terlihat memanfaatkan waktunya untuk beristirahat di dalam Metromini yang disediakan oleh pihak kepolisian.

Disambut Senyum Polisi

Ratusan orang pendukung kesebelasan Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) 1927, yakni Bonek (Bondo Nekat), tiba Stadion Tugu, Koja, Jakarta Utara, Rabu (9/11), sekitar 14.25 WIB.

Datang dengan menggunakan lima unit metromini, para bonek yang berjumlah kisaran 600 orang itu, langsung turun membawa umbul-umbul dan beristirahat di lapangan hijau Stadion Tugu Koja. Pantauan di Koja ratusan bonek berteriak-teriak saat tiba di Stadion Tugu Koja.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas