Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meski Situasi Papua Panas, KPSN Tetap Lanjutkan Ekspedisi

Suhendra segera mengunjungi bumi Cendrawasih itu untuk membagi-bagikan bola kepada warga di sana yang memang dikenal sebagai pecinta fanatik bola.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Meski Situasi Papua Panas, KPSN Tetap Lanjutkan Ekspedisi
Tribunnews.com
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Terinspirasi oleh semboyan Ir Soeratin Sosrosoegondo, pahlawan nasional dan pelopor sepak bola Indonesia bahwa sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa, Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono menyatakan akan tetap melanjutkan ekspedisi ke Papua meskipun situasi di sana sempat memanas.

Suhendra segera mengunjungi bumi Cendrawasih itu untuk membagi-bagikan bola kepada warga di sana yang memang dikenal sebagai pecinta fanatik sepak bola.

“Kita akan lanjutkan‘Ekspedisi KPSN Papua 2019’ dalam waktu dekat. Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,” ungkap Suhendra di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Baca: Ketua KPSN: Semua Calon Ketua Umum PSSI Hebat dan Bagus




Hal tersebut, kata Suhendra, juga untuk membuktikan kepada dunia luar bahwa situasi di Papua dan Papua Barat sudah terkendali, sehingga investor pun tak perlu takut untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di Papua dan Papua Barat.

“Ini penting untuk membuktikan kepada dunia bahwa Papua dan Papua Barat tetap aman dan terkendali dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

Ekspedisi ini juga untuk memenuhi undangan Rocky Bebena dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua.

Sebelumnya, KPSN menggelar “Ekspedisi KPSN Aceh 2019” dan “Ekspedisi KPSN Borneo 2019”. Setelah Aceh dan Kalimantan, ekspedisi berlanjut ke Papua.

BERITA TERKAIT

Ya, di tengah situasi Papua dan Papua Barat yang sempat bergejolak, KPSN tetap hendak berekspedisi ke pulau di ujung timur Indonesia itu untuk meredam situasi.

“Orang Papua itu sangat cinta sepak bola, dan sepak bola itu alat pemersatu bangsa,” ujar Suhendra.

Sebagai pecinta sepak bola, jelas Suhendra, masyarakat Papua terbukti telah melahirkan banyak pemain sepak bola nasional ternama, atau sering disebut “mutiara hitam”, antara lain Johannes Auri, Metu Duamuri, Robby Binur dan Boaz Solossa.

“Jangan salah, Papua itu gudangnya pemain sepak bola berbakat yang mampu memperkuat Timnas. Bahkan Papua layak disebut sebagai Brasil-nya Indonesia. Dengan bangga memiliki banyak pemain di Timnas, mereka pun akan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia,” cetus Suhendra yang juga pendiri Hadiekuntono’s Institute (Research-Intelligence-Spiritual).

Di mana pun di dunia ini, lanjut Suhendra, ketika konflik politik bahkan konflik bersenjata terjadi, sepak bola tetap terus berjalan.

“Itu membuktikan bahwa sepak bola itu netral, bahkan bisa menjadi alat perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas