Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketum PSSI Mungkinkan Liga 1 dan Liga 2 untuk Ditunda

Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) bergerak dalam menaggapi wabah virus Corona yang sudah mulai merambah duni olahraga.

Penulis: Atreyu Haikal Rafsanjani
Editor: Gigih
zoom-in Ketum PSSI Mungkinkan Liga 1 dan Liga 2 untuk Ditunda
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Dirut PT LIB serta anggota exco PSSI saat menggelar rapat di stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) bergerak dalam menaggapi wabah virus Corona yang sudah mulai merambah duni olahraga.

Tindakan yang akan diambil oleh PSSI sendiri kemungkinan akan mengadakan pertandingan tanpa penonton dan yang lebih lagi adalah penundaan sementara untuk dau kompetsisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 dan Liga 2.

Kemungkinan ini diutarakan oleh Ketuan Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang menjelaskan kemungkinan tersebut akan dibahas dalam pertemuang dengan para manajer klub di Liga 1 dan Liga 2.

Hal ini dikatakan Iriawan setelah mendengar arahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Baca: Pasca Kalahkan Arema FC, Dragan Djukanovic Berikan Ultimatum Kepada Tim Liga 1

Baca: Persib Bandung vs PSS Sleman Liga 2020, Misi Elang Jawa Rusak Perayaan Ulang Tahun Pangeran Biru

Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat diwawancarai setelah membuka Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020).
Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat diwawancarai setelah membuka Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020). (Tribunnews/Abdul Majid)

"Kami sudah mendengar arahan dari pak menteri pada rapat hari Jumat kemarin, itu akan diserahkan ke masing-masing cabor," jelas Iriawan dilansir Kompas.com.

"Tentunya kami meminta waktu. Besok Senin rencana kami akan panggil seluruh manajer baik itu Liga 1 maupun Liga 2."

"Kemungkinan pertama adalah tanpa penonton atau menunda sementara, dari hasil diskusi sementara tadi dengan Exco, wakil ketua, kemungkinan besar kita akan menunda sementara," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Namun pria yang biasa disapa Iwan Bule ini menambahkan akan menunggu hasil rapat pada Senin depan untuk memutuskan kelanjutan kompetisi.

Sebelumnya, Menpora, Zainudin Amali menyerahkan Sepenuhnya event olahraga kepada induk organisasi masing-masing.

"Pernyataan dari WHO sebagaimana yang sudah diberitakan, tentu kita tidak mengacuhkan atau cuek, tapi kita serius. Tapi di tengah-tengah keseriusan kita, kita tetap tidak boleh panik. Karena saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran dengan tetap berolahraga.

Sedangkan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan di serahkan kepada induk organisasi masing-masing."

Baca: Hasil Klasemen Liga 1 2020, Persija Jakarta & Arema FC di Papan Tengah, Persib Bandung di Puncak

Baca: Laga Tertutup Tanpa Penonton Bakal Diberlakukan di One Championship Hingga 29 Mei 2020

Menpora Zainudin Amali saat menyalami pemain Persiba dan Kalteng Putra sebelum memulai pertandingan awal Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020).
Menpora Zainudin Amali saat menyalami pemain Persiba dan Kalteng Putra sebelum memulai pertandingan awal Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020). (Tribunnews/Abdul Majid)

"Tadi masing-masing pimpinan cabor terutama yang ada kompetisi profesionalnya sudah mendengarkan informasi dan pandangan dari Kementerian Kesehatan dan saya kira ini menjadi rujukan kebijakan di masing-masing induk organisasi olahraga," Terang Zainudin dilansir laman resmi Kemenpora.

Mengenai penundaan ini, Liga 1 dan Liga 2 bahkan sudah mulai dengan menunda dua laga mereka.

Liga 1 lebih dahulu pada pekan kedua lalu saat menunda laga antara Persija Jaakrta melawan Persebaya.

Sementara Liga 2 yang baru bergulir hari ini, juga menunda satu laganya yaitu antara Persis Solo melawan PSCS Cilacap.

(Tribunnews/Haikal) (Kompas.com/Firzie A Idris)

 
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas