Superskor

Kritikan Tajam Arsene Wenger Sikapi Gencarnya Akuisisi Klub oleh Investor Asing

Arsene Wenger melayangkan kritikan tajam terhadap gencarnya pengambilalihan alias akuisisi klub oleh investor asing, utamanya di Liga Perancis.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Kritikan Tajam Arsene Wenger Sikapi Gencarnya Akuisisi Klub oleh Investor Asing
Twitter @EuropaLeague
Ekspresi pelatih Arsenal, Arsene Wenger saat timnya melawan Atletico Madrid dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Jumat (4/5/2018) dini hari WIB. 

TRIBUNNEWS.COM - Arsene Wenger melayangkan kritikan tajam terhadap gencarnya pengambilalihan alias akuisisi klub oleh investor asing, utamanya di Liga Perancis.

Mantan pelatih Arsenal tersebut memperingatkan tentang motif investor asing yang justru bisa berdampak negatif.

Pria yang kini menjabat sebagai kepala pengembangan sepak bola FIFA tersebut mengatakan hal tersebut bisa terjadi jika tidak ada pemantauan secara ketat.

Wenger percaya sebuah proses diperlukan untuk memastikan budaya sepak bola tidak terkikis oleh pihak-pihak yang hanya mengejar keuntungan saja.

Gencarnya pengambilalihan klub oleh para investor asing memang menjadi masalah tersendiri dalam dunia sepak bola dalam beberapa tahun terakhir.

Baca: Senyum Bahagia Arsene Wenger saat Melihat Liverpool Gagal Torehkan Invicibles

Baca: Neymar Ingin Gabung lagi ke Barcelona Makanya Tolak Perpanjangan Kontrak di Paris Saint Germain

Ekspresi pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dalam laga Liga Inggris kontra Manchester United di Stadion Old Trafford, Manchester pada 29 April 2018.
Ekspresi pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dalam laga Liga Inggris kontra Manchester United di Stadion Old Trafford, Manchester pada 29 April 2018. (PAUL ELLIS/AFP)

Sebagai contoh, tim-tim asal Perancis kini sudah gencar diakuisisi oleh pihak-pihak yang memiliki uang banyak.

Marseille, Bordeaux dan Le Havre menjadi tiga tim asal Perancis yang kini dimiliki oleh orang Amerika.

Sementara itu, Toulouse yang terdegradasi ke kasta kedua sedang dalam pembicaraan dengan perusahan investasi luar negeri juga.

Baca: Lucas Paqueta Enggan Tinggalkan AC Milan Meski Digoda PSG

Wenger menilai langkah-langkah yang diambil oleh para investor asing itu bisa merugikan klub jika tidak dikawal dengan ketat.

"Sebagai contoh jika anda mengambil klub Perancis, mereka secara bertahap jatuh ke tangan orang yang bukan ingin membangun secara nyata klub pada masa depan," ujar Arsene Wenger kepada Bein Sports, dilansir Sportskeeda.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas