Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Begini Ketatnya Perlakuan Buat Pemain Timnas di Bawah Shin Tae-yong: Capek Segera Dipijat

Saat TC nanti, Ahmad Nizar juga mengatakan, Shin Tae-yong menginstruksikan agar para pemain tidak boleh terlalu capek.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Begini Ketatnya Perlakuan Buat Pemain Timnas di Bawah Shin Tae-yong: Capek Segera Dipijat
Media PSSI
Shin Tae-yong Latih Awasi Latihan Perdana Timnas U19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dokter Timnas Indonesia yang menangani tim senior, Ahmad Nizar membeberkan pola yang diinstruksikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berlaku ketat bagi para pemain.

Tak cuma nutrisi, kebugaran pemain jadi hal utama juga harus diperhatikan.




Coach Shin agak ketat, biasa di luar lebih ketat. Karena ini di masa luar biasa, di masa pandemi. Intensitas tinggi maunya recovery cepat, jadi di medis massage pemain harus itu, wajib. Nutrisi harus bagus,” kata Ahmad Nizar, Jumat (24/7/2020).

Baca: Didukung PSSI, Shin Tae-yong Bawa Timnas U-19 Indonesia TC di Korea

Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia Senior saat mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).  Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk latihan perdana tersebut. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia Senior saat mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020). Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk latihan perdana tersebut. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

“Saat ini sudah ada ahli gizi. Karena imunitas tubuh sangat genting di masa pandemi gini. Pulang kelelahan harus di atasi dengan massage dan nutrisi,” sambungnya.

Saat TC nanti, Ahmad Nizar juga mengatakan para pemain tidak boleh terlalu capek.

“Pemain harus konsultasi, kami juga harus melihat kondisi. Kalau kelelahan tinggi imunitas menurun, itu harus dibatasi. Itu tingkat latihan tak boleh terlalu high, maksimal 60-70 persen,” jelasnya.

Baca: Cuma 12 Muka Lama yang Dipertahankan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

BERITA TERKAIT

Para pemain Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19 serta seluruh ofisial hari ini melakukan swab test  yang dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress.

Swab test ini merupakan bagian dari protokol kesehatan sebelum akhirnya mereka  menjalani pemusatan latihan yang dilakukan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada esok hari.

Protokol ini juga merupakan instruksi langsung dari  Shin Tae-yong.

Baca: Satu Pemain Timnas Indonesia Tunjukkan Keluhan Covid-19, Empat Orang Terlambat Bergabung TC

Selain itu, TC yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini juga harus dilakukan dengan ketat.

Bagi Timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020).

Selain itu untuk menghadapi Piala AFF pada bulan November-Desember mendatang. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada bulan Februari lalu di Jakarta.

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas