Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Taktik Frank Lampard di Chelsea, Jadi Alasan Buruknya Performa Kepa Arrizabalaga di Liga Inggris

Kepa Arrizabalaga dalam sorotan usai penampilan buruknya bersama Chelsea, tetapi taktik Frank Lampard juga memiliki andil terhadap performa sang kiper

Penulis: Gigih
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Taktik Frank Lampard di Chelsea, Jadi Alasan Buruknya Performa Kepa Arrizabalaga di Liga Inggris
RICHARD HEATHCOTE / POOL / AFP
Kepa Arrizabalaga dalam sorotan usai penampilan buruknya bersama Chelsea, tetapi taktik Frank Lampard juga memiliki andil terhadap performa sang kiper 

TRIBUNNEWS.COM - Pro dan kontra kehadiran Kepa Arrizabalaga sebagai penjaga gawang utama dari Chelsea kembali mencuat.

Melakukan satu blunder fatal berujung gol dari Sadio Mane, dalam laga big match Chelsea vs Liverpool, kiper asal Spanyol ini kembali dalam sorotan tajam.

Penampilannya dianggap masih tidak setimpal dengan dana yang dikeluarkan Chelsea untuk menebus sang kiper dari Athletic Bilbao 3 musim lalu.

Baca: Hasil Pertandingan dan Klasemen Sementara Liga Inggris Pekan Kedua

Baca: Chelsea Bakal Meresmikan Rekrutan Baru Lagi dalam Waktu Dekat

Masalah pengambilan keputusan, penempatan posisi dan insiden kala menolak digantikan dalam laga Piala FA, menjadi penyebab posisi kiper utama milik Kepa Arrizabalaga di Chelsea makin menjadi pertanyaan.

Posisi Kepa Arrizabalaga makin dipertanyakan, apalagi usai Frank Lampard mendatangkan kiper berusia 28 tahun, Édouard Mendy dari Rennes.

Belum lagi penampilan Willy Caballero yang dianggap masih lebih baik dari Kepa Arrizabalaga, rasanya kian sulit bagi kiper Timnas Spanyol ini mendapatkan tempat di tim utama.

Namun, hal yang paling membuat posisi Kepa Arrizabalaga kian terancam, adalah taktik Frank Lampard musim ini.

BERITA TERKAIT

Michael Cox dari The Athletic dan Jonathan Wilson dari The Guardian, memberikan statistik yang menjelaskan bagaimana beratnya beban penjaga gawang dalam taktikal ala Frank Lampard.

Scott Carson, penjaga gawang utama Derby County di musim 2018/2019, menjelaskan peran kiper dalam skema Frank Lampard tidaklah mudah.

Kiper tidak hanya dituntut membangun serangan, tetapi mengamati bagaimana tim menyerang, sekaligus melakukan koordinasi kedua fullback dalam menempatkan posisi.

Kiper juga sebisa mungkin menguasai bola dan bukan hanya melakukan umpan direct, kiper juga harus bisa memancing pemain lawan untuk menekan hingga kotak penalti.

Tujuannya? untuk menciptakan posisi dimana satu pemain bisa menerima umpan dengan baik dan memudahkan tim melakukan serangan.

Dampaknya, adalah kiper sulit berkonsentrasi dengan tekanan dari lawan, dan membagi fokus antara menyerang dan juga bertahan.

Statistik Scott Carson, tampil 34 kali bagi Derby County musim lalu, rasio penyelamatannya? 66,75 persen.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas