Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Laporan Awal Tim Forensik Tunjukkan Hal Ini Jadi Penyebab Kematian Diego Maradona

Hasil forensik menunjukkan Diego Maradona meninggal pada pukul 12.00, empat jam sebelum otopsi.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Laporan Awal Tim Forensik Tunjukkan Hal Ini Jadi Penyebab Kematian Diego Maradona
Kolase Tribunnews/Twitter/@piersmorgan/@diegocora_espn
Setelah dibawa oleh para petugas medis, akhirnya terungkap alasan kenapa Maradona kolaps saat menyaksikan Argentina vs Nigeria beberapa waktu lalu. Diego Maradona meninggal pada Rabu (25/11/2020) pada usia 60 tahun karena henti jantung saat tidur. 

TRIBUNNEWS.COM - Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona meninggal pada Rabu (25/11/2020).

Laporan awal dari tim forensik menyebutkan bahwa Diego Maradona meninggal karena karena kegagalan jantung kronis yang menyebabkan edema (penumpukan cairan) akut di paru-paru.

Hal tersebut disampaikan oleh media asal Argentina, La Nacion, berdasarkan informasi otopsi resmi yang dilakukan oleh enam dokter forensik dan seorang pakar.

Baca juga: Diego Maradona, Kronologi Meninggal, Prestasi, dan Kontroversi Si Anak Emas

Diego Maradona
Diego Maradona (zimbio.com)

Mereka melakukan otopsi terhadap jasad Diego Maradona di Rumah Sakit San Fernando. Otopsi tersebut juga dilakukan di bawah pengawasan seorang dokter yang ditunjuk oleh keluarga Maradona.

Suasana bisa jadi sangat mengharukan bagi para petugas forensik saat melakukan otopsi karena area sekitar rumah sakit San Fernando dipenuhi para fans Maradona sembari menyanyikan chants.

Baca juga: Kronologi Sakit Diego Maradona yang Meninggal di Usia 60 Tahun: Keluar Masuk Rumah Sakit Sejak 2015

Kementerian Kesehatan Umum di distrik San Isidro mengirim lima ahli forensik untuk melakukan otopsi ke Maradona, termasuk direktur Korps Medis Isidro, Federico Corasaniti, dan direktur Divisi Sains Kepolisian Buenos Aires. 

Otopsi dimulai pukul 19:30 waktu lokal dan berlangsung hingga 22:30.

BERITA TERKAIT

Tindakan forensik tersebut dilakukan untuk menentukan penyebab kematian dan akan dilengkapi oleh analisis toksikologi yang akan menentukan apakah sang legenda mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang.

Baca juga: Wasiat Diego Maradona, Permintaan Terakhir Ingin Jasadnya Diawetkan?

Legenda Argentina, Diego Maradona, berada di tribune VIP dan menyapa penonton jelang laga grup D Piala Dunia 2018 antara timnas Argentina melawan timnas Islandia di Spartak Stadium, Moskow, pada Sabtu (16/6/2018).
Legenda Argentina, Diego Maradona, berada di tribune VIP dan menyapa penonton jelang laga grup D Piala Dunia 2018 antara timnas Argentina melawan timnas Islandia di Spartak Stadium, Moskow, pada Sabtu (16/6/2018). (HERKA YANIS P/TABLOID BOLA)

Penyelidikan juga dilakukan untuk menentukan apakah kematian tersebut datang sebagai akibat malpraktek dari operasi subdural hematoma yang dijalani Maradona pada awal bulan ini.

Satu hal pasti, tak ditemukan tanda-tanda kematian beringas atau kriminalitas dari penyelidikan di lokasi Diego Maradona meninggal di rumah nomor 45 perumahan elite di daerah San Andres de Tigre tersebut.

Hal ini disampaikan oleh John Broyard, jaksa penuntut umum di San Isidro.

Tim forensik menetapkan pada pukul 16:00 waktu lokal bahwa waktu kematian adalah pukul 12:00 siang, empat jam sebelumnya.

Baca juga: Peti Jenazah Maradona Tiba di Istana Kepresidenan, Tepuk Tangan Terakhir Menggema di Buenos Aires

Rentang waktu ini konsisten dengan momen Kepolisian Buenos Aires menerima panggilan darurat.

Berdasarkan laporan dari testimoni mereka yang ada di lokasi, orang yang terakhir melihat Maradona dalam keadaan bernafas adalah keponakannya, pada Selasa (24/11/2020) pukul 23:00.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas