Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Liga 1 Disetop, Fakhri Husaini: Ada Kompetisi Saja Prestasi Masih Begitu, Apalagi Kalau Berhenti

Pelatih-pelatih khususnya Timnas Indonesia juga sangat sulit melihat perkembangan pesepakbola Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Liga 1 Disetop, Fakhri Husaini: Ada Kompetisi Saja Prestasi Masih Begitu, Apalagi Kalau Berhenti
TribunJakarta/Wahyu Septiana
Mantan Pelatih kepala Timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini saat ditemui di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (1/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini turut mengutarakan dampak dari mandeknya kompetisi sepakbola Indonesia yang hingga saat ini belum juga ada kepastian

Menurut Fakhri, korelasi dari tidak berjalannya kompetisi sangat berpengaruh kepada kualitas para pesepakbola Indonesia.

Pelatih-pelatih khususnya Timnas Indonesia juga sangat sulit melihat perkembangan pesepakbola Indonesia.

Baca juga: Bergaji Miliaran, Asnawi Mangkualam Rela Upahnya Dipotong Demi Bisa Bermain di Liga Korea Selatan

“Sumber pemain timnas kan dari kompetisi itu mulai dari timnas senior sampai ke Timnas kelompok usia; U-16, U-19,” kata Fakhri saat dihubungi Tribunnews, Selasa (26/1/202

“Ketika kompetisi ada prestasi sepakbola kita saja masih seperti itu apalagi kalau kompetisinya berhenti seperti sekarang ini? Tentu tidak mudah yang akan jadi pelatih Timnas untuk mendapatkan pemain-pemain berkualitas, sekarang jadi tidak bisa melihat pemain lagi kan”, kata dia.

Baca juga: Petuah Fakhri Husaini untuk Bagus Kahfi Soal FC Utrecht

“Dengan adanya kompetisi itu tidak menutup kemungkinan akan ditemukan pemain-pemain potensial lainnya. Intinya opsi untuk mendapatkan pemain itu akan ada kalau kompetisi berjalan,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Fakhri menyadari kompetisi saat ini tak bisa bergulir karena tidak adanya izin dari pihak Kepolisian sebab pandemi Covid-19 yang masih tinggi.

Meski demikian, dirinya tetap meyakini kompetisi seharusnya bisa tetap bergulir yang tentunya dengan menerapkan standar protokol kesehatan ketat seperti halnya kompetisi di negara-negara luar yang masih berjalan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Ya memang sepakbola ini kalau mau dibedah hampir semua aspek itu ada di situ, ekonomi, sosial, budaya. Ketika kegiatan itu berhenti banyak stakeholder yang berdampak tapi memang sekali lagi tidak mudah untuk melaksanakan kompetisi dalam situasi seperti ini, tapi bukan tidak bisa, harusnya bisa,” kata Fakhri.

“Kalau alasannya terjadi kerumunan masa kan bisa dibuat tanpa penonton, seperti negara lain dengan menerapkan protokol kesehatan ketat kan bisa",

“Kemudian kan yang ada di dalam pertandingan cuma berapa orang sih, kalau dibanding dengan orang-orang yang ada di pasar, dan begitu banyak keramaian-keramaian juga tetap ada dengan penerapan protokol kesehatan yang tidak ketat,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas