Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Liga 1

Setuju Sistem Bubble Liga 1, Persija: Di Luar Kandang Saja Kami Juara Apalagi di Dalam

Persija berkoar tetap bisa juara di luar kandangnya, karena hal itu lah mereka setuju penerapan sistem bubble Liga 1 2021

Setuju Sistem Bubble Liga 1, Persija: Di Luar Kandang Saja Kami Juara Apalagi di Dalam
TRIBUNNEWS.COM/MUHAMMAD NURSINA
Pemain Persija Jakarta merayakan kemenangan dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). Persija keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persib Bandung dengan skor akhir 2-1. TRIBUNNEWS.COM/MUHAMMAD NURSINA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kongres PSSI telah rampung digelar pada Sabtu lalu di Hotel Raffles, Jakarta.

Salah satu pembahasan yang dipaparkan PSSI dan PT LIB yakni mengenai format kompetisi Liga 1 2021/2022.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menjelaskan sistem yang diterapkan Liga 1 nanti yakni sistem berseri, bubble to bubble.

Dengan sistem tersebut, di jeda seri klub-klub bisa kembali ke kampung halamannya masing-masing, sekadar untuk latihan atau menghilangkan kejenuhan.

Baca juga: Rencana Liga 1 2021 Berpusat di Jawa, Persipura Geram, Persib Bandung Bilang Tak Adil

Kemudian kembali lagi ke sistem bubble yang pertama. Jumlah series yang disiapkan untuk Liga 1 nanti ada 6 series dan tentunya kotanya berubah-ubah.

“Jadi kotanya dimulai dari serie DKI-Jabar-Banten, istirahat kemudian masuk serie kedua di Jateng-Jogja, kemudian masuk lagi seri ketiga di Jatim, istirahat dan kemudian mulai lagi seri keempat di Jatim, seri kelima di Jateng-Jogja dan terakhir seri keenam di  DKI-Jabar-Banten,” jelas Iwan Budianto.

Baca juga: Eksperimen Berani Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Thailand Bikin Kejutan

Usai mengetahui penjabaran tersebut, Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus mengatakan pihaknya sangat setuju dengan konsep tersebut mengingat kompetisi masih bergulir di tengah pandemi Covid-19.

Waketum PSSI, Iwan Budianto beserta anggota Exco PSSI saat memaparkan hasil Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021).
Waketum PSSI, Iwan Budianto beserta anggota Exco PSSI saat memaparkan hasil Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). (tribunnews.com/abdulmajid)

“Kalau buat Persija, sebenarnya sistem bubble sekarang ini adalah yang paling memungkinkan karena kan situasinya masih naik turunkan soal pandemi. Kita juga setuju kalau diadakan terpusat di Pulau Jawa saja,” kata Ferry.

Baca juga: Lini Belakang Timnas Indonesia Bolong di 2 Laga, Shin Tae-yong Ternyata Belum Mainkan Duo Jangkung

Akan tetapi, dirinya mengatakan bahwa format kompetisi yang sudah dijabarkan tadi masih terus digodok dan dikonsultasikan dengan klub-klub Liga 1 lainnya.

Lebih lanjut, Ferry Paulus menegaskan Persija siap bermain di mana pun, dan tetap optimistis skuatnya bisa kembali bicara banyak seperti halnya saat menjuarai Piala Menpora 2021 di Solo.

“Kalau Persija, main di luar atau di dalam sama saja, yang penting di luar saja kita bisa juara apalagi kalau di dalam (kandang sendiri-red),” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas