Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

6 Fakta Jelang Laga Belgia vs Italia; Duel Kelima di Turnamen Besar, Italia Tak Pernah Kalah

Pertandingan Belgia melawan Italia adalah pertemuan dua tim yang sama-sama belum terkalahkan sepanjang tahun 2021 ini. Tapi ini ada catatan menarik

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in 6 Fakta Jelang Laga Belgia vs Italia; Duel Kelima di Turnamen Besar, Italia Tak Pernah Kalah
Ben STANSALL / POOL / AFP
Para pemain Italia merayakan kemenangan mereka setelah perpanjangan waktu dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Italia dan Austria di Stadion Wembley di London pada 26 Juni 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, MUENCHEN- Pertandingan Belgia melawan Italia adalah pertemuan dua tim yang sama-sama belum terkalahkan sepanjang tahun 2021 ini. Tapi ada catatan menarik terkait pertemuan dua tim ini.

Ini adalah pertemuan kelima antara Belgia dan Italia di turnamen besar (Piala dunia dan Piala Eropa).

Dalam empat pertemuan sebelumnya di duel Belgia lawan Italia, Italia tak pernah kalah atas Belgia.

Berikut 6 Fakta Jelang Pertandingan Belgia vs Italia yang dikutip Tribunnews.com dari skysports:

Duel Kelima di Turnamen Besar, 4 Laga Sebelumnya Italia Tak Terkalahkan

- Ini akan menjadi pertemuan kelima antara Belgia dan Italia di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Keempat pertemuan sebelumnya terjadi di babak grup, di Piala Dunia 1954 dan Kejuaraan Eropa pada 1980, 2000 dan 2016. Italia terhindar dari kekalahan di keempat pertandingan, memenangkan tiga dan imbang satu pertandingan.

Perempat Final Euro 2021: Belgia vs Italia
Perempat Final Euro 2021: Belgia vs Italia (instagram/footballjoe)

Belgia Sulit Menang

BERITA TERKAIT

- Italia termasuk lawan yang paling sulit ditaklukkan Belgia di turnamen besar. Dalam 4 pertandingan di turnamen besar, Belgia belum pernah menang lawan Italia. 
Sedangkan Negara Eropa yang lebih sering dikalahkan Italia di turnamen besar adalah Jerman (9 laga) dan Austria (5 laga).

Para pemain Belgia melakukan jogging selama sesi latihan MD-1 di stadion La Cartuja di Seville pada 26 Juni 2021, menjelang pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 melawan Portugal.
Jose Manuel Vidal / AFP / POOL
Para pemain Belgia melakukan jogging selama sesi latihan MD-1 di stadion La Cartuja di Seville pada 26 Juni 2021, menjelang pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 melawan Portugal. Jose Manuel Vidal / AFP / POOL (Jose Manuel Vidal / AFP / POOL)

Italia ke Perempat Final Piala Eropa Keempat Beruntun

- Italia telah mencapai perempat final Kejuaraan Eropa untuk turnamen keempat berturut-turut. Tiga penampilan sebelumnya babak perempat final itu harus ditentukan melalui adu penalti.
Italia tersingkir oleh Spanyol pada 2008 dan Jerman pada 2016, dan menang adu penalti lawan Inggris pada 2012.
Dengan tiga dari lima adu penalti Kejuaraan Eropa, Italia adalah terbanyak merasakan adu penalti di babak perempat final Eropa sebelum edisi 2020.

(Kiri ke Kanan) Gelandang Italia Jorginho, gelandang Italia Marco Verratti dan gelandang Italia Federico Bernardeschi berbicara selama pertandingan sepak bola Grup A UEFA EURO 2020 antara Italia dan Wales di Stadion Olimpiade di Roma pada 20 Juni 2021.
(Kiri ke Kanan) Gelandang Italia Jorginho, gelandang Italia Marco Verratti dan gelandang Italia Federico Bernardeschi berbicara selama pertandingan sepak bola Grup A UEFA EURO 2020 antara Italia dan Wales di Stadion Olimpiade di Roma pada 20 Juni 2021. (ANDREAS SOLARO / POOL / AFP)

Italia Tak Pernah Menang 5 Pertandingan Secara beruntun

- Italia telah memenangkan keempat pertandingan mereka di EURO 2020; namun dalam catatan sejarah Piala Eropa, mereka tidak pernah memenangkan lima pertandingan berturut-turut di putaran final Kejuaraan Eropa.

Gelandang Italia Federico Chiesa merayakan setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Italia dan Austria di Stadion Wembley di London pada 26 Juni 2021.
Gelandang Italia Federico Chiesa merayakan setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Italia dan Austria di Stadion Wembley di London pada 26 Juni 2021. (Frank Augstein / POOL / AFP)

Roberto Martinez Bawa Belgia Raih 47 Kemenangan

- Sejak pertandingan pertama Roberto Martinez berperan sebagai pelatih timnas Belgia pada September 2016, Belgia telah memenangkan pertandingan sebanyak 47 pertandingan dan mencetak 175 gol dalam 60 pertandingan. Terbanyak di antara negara Eropa lainnya di semua kompetisi.

Roberto Martinez
Roberto Martinez (zimbio.com)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas