Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Harus Begadang, Mengapa Pertandingan Liga Champions Digelar Saat Jam Tidur di Indonesia?

Selain untuk memanjakan para penggemar sepak bola di eropa, penerapan waktu kick off tersebut juga untuk kepentingan komersil pemegang hak siar.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Harus Begadang, Mengapa Pertandingan Liga Champions Digelar Saat Jam Tidur di Indonesia?
Olga MALTSEVA / AFP
Pemain depan Juventus dari Spanyol Alvaro Morata sebelum pertandingan sepak bola Liga Champions UEFA antara Zenit St. Petersburg dan Juventus di Saint Petersburg pada 20 Oktober 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Liga Champions selalu menjadi ajang yang dinantikan oleh jutaan pecinta sepak bola di dunia.

Terutama di Indonesia, para penggila bola di sini rela membuat jam tidurnya berantakan hanya untuk menyaksikan pertandingan Liga Champions.

Tidur dengan durasi tiga sampai empat jam rela dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa sampai para pekerja agar tak ketinggalan pertandingan dalam ajang paling bergengsi di eropa tersebut.

BARCELONA, SPANYOL - 20 OKTOBER: Gerard Pique dari FC Barcelona memberi tepuk tangan penuh kepada para penggemar setelah pertandingan grup E Liga Champions UEFA antara FC Barcelona dan Dynamo Kyiv di Camp Nou pada 20 Oktober 2021 di Barcelona, Spanyol. (Foto oleh Alex Caparros/Getty Images)
BARCELONA, SPANYOL - 20 OKTOBER: Gerard Pique dari FC Barcelona memberi tepuk tangan penuh kepada para penggemar setelah pertandingan grup E Liga Champions UEFA antara FC Barcelona dan Dynamo Kyiv di Camp Nou pada 20 Oktober 2021 di Barcelona, Spanyol. (Foto oleh Alex Caparros/Getty Images) (Alex Caparros / GETTY IMAGES EROPA / Getty Images via AFP)

Baca juga: Liga Champions: Solskjaer & Pertanyaan yang Mengiringinya, Pakai Skema Conte atau Balik ke 4-2-3-1?

Baca juga: Laga Hidup Mati AC Milan di Liga Champions, Potensi Ikuti Jejak Rival Fokus Berburu Scudetto

Nanti dini hari saja, kita sudah dinantikan dengan delapan pertandingan seru yang mempertemukan enam belas tim terbaik di benua biru.

Diantaranya, Bayern Munchen vs Benfica, Dynamo Kyiv vs Barcelona, Atalanta vs Manchester United, Villareal vs Young Boys, Wolfsburg vs Salburg, Sevilla vs Lille, Malmo vs Chelsea, dan yang terakhir Juventus vs Zenut St. Petersburg.

Barisan pertandingan tersebut akan dihelat mulai pukul 00.45 hingga sekitar pukul 04.30 WIB.

Ya, pertandingan-pertandingan Liga Champions memang selalu digelar pada malam hari waktu setempat (eropa).

BERITA TERKAIT

Hal tersebut membuat kita sebagai penikmat sepak bola layar kaca di Indonesia diharuskan begadang jika ingin menonton laga-laga di Liga Champions.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa pertandingan Liga Champions selalu dihelat pada malam hari waktu eropa? mengapa kita harus selalu dibuat begadang untuk menontonnya?

Prioritas Siaran

Jadwal siaran Liga Champions secara 50:50 diatur oleh pihak siaran dan UCL. Para petinggi UCL dan pihak siaran saling bekerja sama untuk menentukan waktu tayang yang pas bagi para penikmat sepak bola di eropa dan amerika.

Contohnya, ketika kick off Liga Champions dimulai pada pukul 21:00 CET (Central European Time), artinya, di Sydney menunjukkan waktu pukul 05:00 (lebih cepat).

Dengan begitu, para warga Sydney atau daerah eropa di dekat sana akan mendapatkan jam yang ideal untuk menonton Liga Champions.

Gelandang Zenit St. Petersburg asal Kolombia Wilmar Barrios dan penyerang Juventus dari Spanyol Alvaro Morata berebut bola dalam pertandingan sepak bola Liga Champions UEFA antara Zenit St. Petersburg dan Juventus di Saint Petersburg pada 20 Oktober 2021.
Gelandang Zenit St. Petersburg asal Kolombia Wilmar Barrios dan penyerang Juventus dari Spanyol Alvaro Morata berebut bola dalam pertandingan sepak bola Liga Champions UEFA antara Zenit St. Petersburg dan Juventus di Saint Petersburg pada 20 Oktober 2021. (Olga MALTSEVA / AFP)

Baca juga: Klasemen Sementara Liga Champions dan Jadwal Pertandingan; Chelsea, MU, dan Barca Tanding Malam Ini

Baca juga: Liga Champions: Panggung Kebangkitan Juventus, Misi Terselubung Berburu Tiga Poin Penuh

Mereka dapat menyaksikannya sebelum jam berangkat kantor atau sekolah, para warga di sana juga tak harus begadang seperti kita untuk menyempatkan waktu menonton pertandingan UCL.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas