Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Strategi Shin Tae-yong Bungkam Komentar Merendahkan, Menpora Yakin Garuda Bisa Kalahkah 'Raja' ASEAN

Selain kerja keras pemain, racikan dari sang pelatih Shin Tae-yong juga dinilai Menpora jadi kunci penting dari apiknya permainan Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Strategi Shin Tae-yong Bungkam Komentar Merendahkan, Menpora Yakin Garuda Bisa Kalahkah 'Raja' ASEAN
AFP/ROSLAN RAHMAN
Reaksi pemain Indonesia setelah pemain Singapura Shawal Anuar mencetak gol bunuh diri pada leg kedua semifinal sepak bola Piala AFF Suzuki 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional Singapura pada 25 Desember 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai Indonesia dan Thailand memang sangat pantas bertemu di Final Piala AFF 2020.

“Akhirnya Timnas Indonesia bisa masuk ke babak final Piala AFF melawan Thailand. Menurut saya tim yang sudah sampai ke babak final adalah tim yang berkualitas,” kata Menpora kepada Tribunnews, Selasa (28/12/2021).

Khusus Timnas Indonesia, Menpora menilai skuat Garuda saat ini sudah banyak perubahan.

Baca juga: Taktik Jitu Shin Tae-yong Saat Indonesia Tertinggal dari Singapura, Masukkan 3 Pemain Sekaligus

Pemain Indonesia Ezra Harm Ruud Walian (kanan) mencetak gol saat pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 25 Desember 2021.
Pemain Indonesia Ezra Harm Ruud Walian (kanan) mencetak gol saat pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 25 Desember 2021. (Roslan RAHMAN / AFP)

Baca juga: Enam Syarat Indonesia Menang Lawan Thailand

Tim yang mayoritas diperkuat pemain muda sudah menunjukkan kualitasnya saat tampil di fase grup bahkan saat menghadapi tuan rumah, Singapura pada semifinal lalu.

Hal itu juga sekaligus mematahkan anggapan dari negara-negara lain yang sempat memandang remeh Indonesia pada AFF kali ini.

Selain kerja keras pemain, racikan dari sang pelatih Shin Tae-yong juga dinilai Menpora jadi kunci penting dari apiknya permainan Indonesia.

Baca juga: Final Indonesia Vs Thailand, Egy Maulana: Untuk Jadi Juara Tak Bisa Hanya Bicara, Harus Kerja Keras

Pemain Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai (kanan) melakukan tendangan bebas pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Vietnam dan Timnas Thailand di National Stadium di Singapura. Minggu. (26/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP)
Pemain Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai (kanan) melakukan tendangan bebas pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Vietnam dan Timnas Thailand di National Stadium di Singapura. Minggu. (26/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Baca juga: Gaya Main Asnawi Cs Tak Disukai Thailand, Timnas Indonesia Bisa Bikin Gajah Perang Keteteran

BERITA TERKAIT

“Kita tahu Thailand adalah tim yang selama ini mendominasi persepakbolaan di Kawasan Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir ini tapi tim Indonesia bukanlah tim yang sembarangan dengan lolosnya Timnas ke final berarti sudah melalui rintangan dan hadangan dari tim negara ASEAN lainnya,” nilai Menpora.

“Walaupun di awal-awal kompetisi ini tidak banyak yang mengunggulkan Timnas Indonesia bahkan ada tim dari negara peserta lainnya ‘meremehkan; kekuatan Timnas kita tapi semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari coach Shin Tae-yong dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura,” jelasnya.

Baca juga: Indonesia Vs Thailand, Ucapan Shin Tae-yong Terbukti, Tim Tersubur Vs Tim Paling Sedikit Kebobolan

Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat melakukan konferensi pers terkait uji coba penonton di LIga 1 2021/2022, Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/12/2021).
Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat melakukan konferensi pers terkait uji coba penonton di LIga 1 2021/2022, Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/12/2021). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Final Indonesia Vs Thailand, Pengusaha Tajir Siapkan Rp 1 M Jika Skuad Garuda Juara Piala AFF 2020

Dengan perjuangan dan skema permainan yang telah ditunjukkan selama fase penyisihan dan semifinal, penggagas lahirnya DBON itu merasa optimistis Indonesia bisa memberikan perlawanan sengit kepada Thailand.

“Saya tetap optimis Timnas kita bisa meladeni Thailand. Saya percaya anak-anak kita akan membuktikan kualitas mereka dgn panduan pelatih Shin Tae-yong yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional (piala dunia),” pungkasnya.

Pertandingan final Piala AFF 2020 yang mempertemukan Indonesia vs Thailand akan tersaji dua leg.

Leg pertama pada Rabu (29/12/2021) dan leg kedua Sabtu (1/1/2022). Kedua pertandingan tersebut tersaji di Stadion Nasional Singapura.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas