Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia Dilipat Thailand 0-4, Ketum PSSI Singgung Izin Kompetisi yang Telat Diberikan

Lambatnya pemberian izin kompetisi dinilai Iriawan menjadi satu faktor penyebab timnas kalah 0-4 dari Thailand di pertandingan pertama Final Piala AFF

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Timnas Indonesia Dilipat Thailand 0-4, Ketum PSSI Singgung Izin Kompetisi yang Telat Diberikan
Lusius Genik/Tribunnews
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (30/12/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyayangkan lambatnya izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola di Indonesia diterbitkan oleh Pemerintah. 

Lambatnya pemberian izin kompetisi dinilai Iriawan menjadi satu faktor penyebab timnas kalah 0-4 dari Thailand di pertandingan pertama Final Piala AFF 2020

"Ekspektasi publik memang tinggi ke anak-anak, tapi liga kita baru bergulir empat bulan. Makanya saya dulu enam kali minta ke pemerintah supaya liga bisa dimulai, tapi tidak dikabulkan karena situasi kemanusiaan," tutur Iriawan saat ditemui di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (30/12/2021). 

Baca juga: Dewangga Sayang, Dewangga Malang, Lari Satu Lapangan Tapi Dihujat Karena Tembakan Melayang

Pemain Timnas Thailand Bordin Phala (kanan) melakukan tendangan bebas saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP)
Pemain Timnas Thailand Bordin Phala (kanan) melakukan tendangan bebas saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Baca juga: Timnas Indonesia Dibantai 0-4 di Leg Pertama, Shin Tae-yong: Tak Mungkin Comeback di Leg Kedua

Kondisi ini sangat berbeda dari yang dialami Thailand maupun Vietnam.

Di mana selama masa pandemi Covid-19, kompetisi sepak bola di Thailand dan Vietnam masih berlangsung.

"Negara lain seperti Vietnam dan Thailand bisa (gelar kompetisi). Mereka tidak berhenti liganya. Kalau ada berhenti, mungkin sebentar saja. Artinya kita paling lambat menggulirkan liga, sama dengan Filipina," ujar dia. 

BERITA REKOMENDASI

Menurut Iriawan lambatnya izin penyelenggaraan kompetisi membuat timnas Indonesia, secara kualitas kalah dari para pemain Thailand.

Baca juga: Eksperimen Berakhir Pahit, Shin Tae-yong Tak Menyangka Timnas Indonesia Kebobolan Banyak Gol

Thailand Thaiwat SuengChitthawon (L) mengucapkan selamat kepada rekan setim Chanathip Songkrasin (2nd L) saat mencetak gol selama pertandingan semifinal sepakbola Football Football Cup pertama antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional pada 23 Desember 2021.
Roslan Rahman / AFP
Thailand Thaiwat SuengChitthawon (L) mengucapkan selamat kepada rekan setim Chanathip Songkrasin (2nd L) saat mencetak gol selama pertandingan semifinal sepakbola Football Football Cup pertama antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional pada 23 Desember 2021. Roslan Rahman / AFP (Roslan Rahman / AFP)

Baca juga: Eksperimen Berakhir Pahit, Shin Tae-yong Tak Menyangka Timnas Indonesia Kebobolan Banyak Gol

Padahal penyelenggaraan kompetisi sangat penting untuk pemain bisa meningkatkan kualitas performa, fisik, teknik, mental, dan lain-lain. 

"Kita baru empat bulan. Mereka main itu untuk meningkatkan performa, fisik, teknik, strategi, mental dan sebagainya. Kemudian dimasukkan ke komponen timnas kita, itu juga baru dua minggu dibawa ke Turki," kata Iriawan.

"Masih banyak pemain yang belum dikirim ke timnas dari klub-klub, karena liganya mundur. Jadi liga kita berbenturan jadwalnya dengan kalender AFF dan AFC, dan sebagainya," sambung Iwan Bule.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
4
3
0
15
7
8
15
3
Arsenal
6
4
2
0
12
5
7
14
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas