Superskor

Timnas Indonesia

Nilai Kritik Haruna Soemitro Salah Waktu, Akmal: Shin Tae-yong Bak Artis K-Pop yang Lagi Jadi Idola

di mata Akmal Marhali, Shin Tae-yong saat ini diidolakan masyarakat Indonesia bak aktor Lee Min-ho ataupun penyanyi K-Pop dari grup BTS, Jung Kook.

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Nilai Kritik Haruna Soemitro Salah Waktu, Akmal: Shin Tae-yong Bak Artis K-Pop yang Lagi Jadi Idola
Dok. pribadi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama dengan Exco PSSI Haruna Sumitro setelah menjalani rapat bersama di Kantor PSSI pada kamis pekan lalu. 

NIlai Kritik Haruna Soemitro Salah Waktu, Akmali: Shin Tae-yong Sekarang Bak Artis K-Pop yang Lagi Jadi Idola

Laporan wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Sepak Bola Akmal Marhali menilai Eksekutif PSSI Haruna Soemitro mengkritik pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di momen yang tidak tepat. 

Pelatih asal Korea Selatan tersebut saat ini sangat diidolakan publik Tanah Air karena berhasil mengantar timnas Indonesia finish di posisi runner-up Piala AFF 2020 di Singapura. 

Bahkan di mata Akmal Marhali, Shin Tae-yong saat ini diidolakan masyarakat Indonesia bak aktor Lee Min-ho ataupun penyanyi K-Pop dari grup BTS, Jung Kook.

Baca juga: Shin Tae-yong Tetap Panggil Striker yang Dihujat di Piala AFF 2020 ke Timnas, Kenapa Dedik Setiawan?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat membagikan foto bersama dengan Shin Tae-yong dengan Exco PSSI Haruna Soemitro pasca menjalani rapat di Kantor PSSI, Kamis (14/1/2022).
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat membagikan foto bersama dengan Shin Tae-yong dengan Exco PSSI Haruna Soemitro pasca menjalani rapat di Kantor PSSI, Kamis (14/1/2022). (Dok. pribadi)

Baca juga: Haruna Soemitro Bilang Soal Timnas yang Penting Hasil Bukan Proses, Akmal Marhali: Itu Memang Fakta

Itu kenapa Haruna Soemitro yang melontarkan kritik ke Shin Tae-yong, mendapatkan hujatan dari masyarakat Indonesia. 

"Haruna menyampaikan pernyataannya di momen dan waktu yang tidak tepat. Shin Tae-yong saat ini merupakan idola masyarakat Indonesia," tutur Akmal kepada Tribunnews.com, Selasa (18/1/2022).

"Kalau bicara drama Korea misalnya Shin Tae-yong sekarang jadi aktor Lee Min-ho, atau artis K-Pop Jung Kook yang kini diidolakan masyarakat Indonesia," sambung dia. 

Baca juga: Reaksi Haruna Soemitro Atas Serangan Netizen Seusai Mengkritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Di sisi lain, Haruna selalu dinilai kontroversial dan sensasional dalam memberikan pernyataan sejak tahun 2004. 

Rekognisi terhadap Haruna membuat publik Tanah Air memiliki preferensi untuk membela Shin Tae-yong

"Sementara Haruna selalu dianggap tidak pernah memberikan sisi positif buat PSSI. Selama ini orang memandang Haruna sebagai sosok yang selalu negatif dalam sepak bola kita," ucap Akmal.

"Jadi secara penilaian nalar, orang akan lebih berpihak pada Shin Tae-yong dibanding Haruna," imbuh dia. 

Baca juga: Pembelaan Robert Alberts yang Didesak Mundur Sebagai Pelatih Persib, Prediksi Line-up Vs Borneo FC

Suporter fanatik Timnas Indonesia, La Grande Indonesia membuat sindiran kepada Haruna Soemitro dan dukungan terhadap Shin Tae-yong dengan mencetak pamflet dan ditempel di beberapa area di Jakarta.
Suporter fanatik Timnas Indonesia, La Grande Indonesia membuat sindiran kepada Haruna Soemitro dan dukungan terhadap Shin Tae-yong dengan mencetak pamflet dan ditempel di beberapa area di Jakarta. (dok: pribadi)

Baca juga: Buntut Pernyataan Haruna Soal Kerja Shin Tae-yong, Suporter Timnas Bikin Pamflet Sindiran Pedas

Di mata Akmal polemik yang terjadi atas kritik Haruna ini menunjukkan betapa Direktur klub Liga 1 Madura United itu sangat keliru dalam menilai situasi.

"Ini merupakan kecerdasan Shin Tae-yong dan kebodohan Haruna dalam merespons permasalahan yang ada di sepak bola kita," ucap Akmal. 

Baca juga: Ternyata Ada Pesan Khusus di Balik Spanduk dan Poster La Grande Indonesia #Harunaout #STYstay

Suporter Timnas Indonesia, La Grande Indonesia membuat spanduk sebagai dukungan terhadap Shin Tae-yong dan sindiran kepada Exco PSSI Haruna yang sebelumnya mengkritik kinerja Shin Tae-yong.
Suporter Timnas Indonesia, La Grande Indonesia membuat spanduk sebagai dukungan terhadap Shin Tae-yong dan sindiran kepada Exco PSSI Haruna yang sebelumnya mengkritik kinerja Shin Tae-yong. (HO/dok: pribadi)

Baca juga: Daftar Delapan Wajah Baru di Timnas Indonesia Lawan Timor Leste pada Laga FIFA Match Day

Selain itu Akmal melihat bahwa publik Tanah Air memiliki harapan besar kepada Shin Tae-yong dalam membangun timnas Indonesia yang solid.

"Permasalahan yang terjadi ini adalah merupakan efek dari bagaimana besarnya kerinduan masyarakat kita terhadap gelar juara yang didambakan," kata dia.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas