Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Update Ranking FIFA: Timnas Indonesia Perlahan Naik Drastis, Vietnam Kehilangan Tonggak Sejarah

ituasi berbeda dialami oleh Timnas Indonesia dan Vietnam dalam perolehan poin di ranking terbaru FIFA, skuat Garuda naik satu peringkat usai menang.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Update Ranking FIFA: Timnas Indonesia Perlahan Naik Drastis, Vietnam Kehilangan Tonggak Sejarah
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol untuk timnas Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 Januari 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Situasi berbeda dialami oleh Timnas Indonesia dan Vietnam dalam perolehan poin di ranking terbaru FIFA.

Sebagaimana misal Timnas Indonesia yang diprediksi bisa naik secara perlahan usai mengalahkan Timor Leste, Kamis (27/1/2022) tadi malam.

Kemenangan telak yang diraih Skuat Garuda menghadapi Timor Leste dalam laga bertajuk ujicoba cukup memengaruhi rangking FIFA.




Hal ini mengingat laga ujicoba tersebut masuk ke dalam agenda FIFA Matchday.

Alhasil berapapun kemenangan yang diraih oleh sebuah tim kala melakoni laga yang masuk agenda FIFA akan berpengaruh pada perolehan poin di ranking dunia.

Baca juga: Evaluasi Ketum PSSI Setelah Timnas Indonesia Gagal Total di Piala Asia Wanita, Adakan Liga 1 Putri?

Baca juga: Timnas Indonesia Menang Besar Tapi Main Jelek, Jadi Penting Hasil atau Proses?

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan (tengah) menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Timor Leste dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis, (27/01/2022) malam.
Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan (tengah) menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Timor Leste dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis, (27/01/2022) malam. (Tribun Bali/Nyoman Mahayasa)

Seperti Timnas Indonesia yang diprediksi naik satu peringkat setelah mengalahkan Timor Leste.

Dikutip dari Football Ranking, Timnas Indonesia mendapat tambahan 3,58 poin setelah kemenangan melawan Timor Leste.

BERITA TERKAIT

Tambahan poin tersebut membuat Timnas Indonesia naik perlahan ke posisi 163.

Posisi tersebut tercatat lebih baik daripada sebelum laga melawan Timor Leste dimana Indonesia berada pada ranking ke-164.

Baca juga: Cerita Kemarahan Shin Tae-yong di Ruang Ganti Timnas: Siapapun yang Main Tadi Harus Evaluasi

Kenaikan satu peringkat bisa bertambah lagi jika Indonesia mampu mengalahkan Timor Leste pada pertemuan kedua, lusa mendatang.

Seandainya Timnas Indonesia mampu memenangkan laga melawan Timor Leste lagi.

Tim besutan Shin Tae-yong punya potensi besar menggeser Singapura yang saat ini menempati posisi ke-160.

Reaksi pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo saat pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Vietnam dan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura, 23 Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP)
Reaksi pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo saat pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Vietnam dan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura, 23 Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Sementara itu, nasib apes harus dialami Vietnam usai kalah telak melawan Australia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 pada hari yang sama dengan laga ujicoba Indonesia.

Kekalahan empat gol tanpa balas melawan Australia membuat Vietnam kehilangan tonggak sejarah terbaiknya semenjak dilatih Park Hang-seo.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas