Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Soal Naturalisasi Pemain, Menpora Amali Bakal Gelar Pertemuan dengan PSSI dan Shin Tae-yong

Seperti diketahui, PSSI sejauh ini tengah mengupayakan empat pemain keturunan Indonesia untuk dinaturalisasi.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Soal Naturalisasi Pemain, Menpora Amali Bakal Gelar Pertemuan dengan PSSI dan Shin Tae-yong
tangkap layar/Facebook @Football Highlight
Data dan Statistik empat pemain keturunan yang diajukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk memperkuat Skuad Garuda. Keempat pemain itu adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mess Hilgers, dan Kevin Diks. Belakangan, nama terakhir keluar dari profil yang akan dinaturalisasi PSSI. Sebagai gantinya muncul nama Ragnar Oratmangoen. 

Soal Naturalisasi Pemain, Menpora Amali Bakal Gelar Pertemuan dengan PSSI dan Shin Tae-yong

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa dirinya tak ingin naturalisasi pemain kembali tidak memberikan dampak yang baik bagi Timnas Indonesia.

Untuk itu, guna mengetahui lebih detail, dirinya bakal mengadakan pertemuan dengan PSSI dan pelatih Shin Tae-yong mengenai pemain yang akan dinaturalisasi.

Baca juga: 3 Kabar Baik Buat Shin Tae-yong di Timnas Jelang Kualifikasi Piala Asia, Playmaker Persib Bisa Main

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menyalami Asnawi Mangkualam dkk di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menyalami Asnawi Mangkualam dkk di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Media Yunani Soroti Cyrus Margono Mau Bela Indonesia, PSSI Bergerak Jika Shin Tae-yong Kasih Kode

“Jadi saya akan mengundang PSSI dan Ketum, Sekjen, Dirtek, terus Shin Tae Yong. Saya sekarang soal naturalisasi tidak mau sembarangan, hati-hati betul, harus tanya apa manfaatnya untuk sepak bola Indonesia jangka panjang. Kemudian kenapa ini yang dipilih makanya saya ajak Shin juga,” kata Menpora Amali di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022).

Seperti diketahui, PSSI sejauh ini tengah mengupayakan empat pemain keturunan Indonesia untuk dinaturalisasi.

Baca juga: Kiper Panathinaikos Beri Sinyal Gabung Timnas Indonesia, Ini Respons Asisten Shin Tae-yong

Keempat pemain yang juga merupakan pilihan Shin Tae-yong yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

BERITA TERKAIT

“Banyak kan yang kemarin naturalisasi tidak maksimal, akhirnya kontribusi ke Timnas tidak ada, jadi kan kebetulan ini yang minta pelatih, kalau dulu kan klub. Nah saya sekarang minta federasi ikut, yang minta siapa, dia harus dijelaskan, baru saya oke. Umur berapa? Kayak di basket kan jelas, kebutuhan mereka itu,” jelas Menpora.

Baca juga: Kenapa Shin Tae-yong Tak Panggil David Maulana dan Brylian Aldama ke Timnas U-23 Indonesia?

Calon pemain timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen. Ragnar Oratmangoen yang berdarah Maluku saat ini bermain di Liga Belanda bersama klub Go Ahead Eagles.
Calon pemain timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen. Ragnar Oratmangoen yang berdarah Maluku saat ini bermain di Liga Belanda bersama klub Go Ahead Eagles. (Tangkapan layar Instagram Ragnar Oratmangoen/instagram.com/0ratmangoen)(Dok. pribadi Ragnar Oratmangoen))

PSSI menargetkan proses naturalisasi keempat pemain tersebut bisa rampung pada Juni sehingga mereka bisa memperkuat Timnas Indonesia saat tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani  menjelaskan proses naturalisasi baru Sandy dan Jordi yang sudah melengkapi dokumen. Sementara Hilgers dan Oratmangoen berjanji akan menyerahkannya pada bulan ini.

Hasani pun berharap, untuk Sandi dan Jordi bisa segera diproses oleh Kemenpora sehingga cepat menjadi warga negara Indonesia.

.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas