Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

BRI Liga 1: Tak Hadiri Laga Jumpa Madura United, Persipura Jayapura Terancam Sanksi Berat

Berbagai hukuman berat terancam menimpa Persipura jika terbukti bersalah sesuai tingkat kesalahan yang akan dinilai Komite Disiplin PSSI nantinya.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in BRI Liga 1: Tak Hadiri Laga Jumpa Madura United, Persipura Jayapura Terancam Sanksi Berat
Instagram @Persipurapapua1963
Alfredo Vera mendampingi latihan Persipura Jayapura jelang melakoni salah satu pertandingan BRI Liga 1 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Persipura Jayapura secara tak terduga tidak hadir dalam laga tunda menghadapi Madura United, tadi malam.

Laga antara Persipura dan Madura United semula dijadwalkan akan digelar Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (21/2/2022) pukul 20.30 WIB.

Hanya saja ketika semua komponen telah siap termasuk wasit, petugas lapangan, hingga tim Madura United yang juga terlihat sudah siap tempur mengamankan tiga poin.

Tim Persipura secara tak terduga malah tidak hadir dalam laga tersebut, alhasil laga diputuskan untuk batal digelar.

Baca juga: Klasemen BRI Liga 1 2021 Pasca Ditundanya Persipura vs Madura United, Mutiara Hitam Rawan Degradasi

Baca juga: PT LIB Jelaskan Kronologi Batalnya Laga Persipura Jayapura vs Madura United di BRI Liga 1 2021

Dokumen pertandingan Persipura Jayapura Vs Madura United yang beredar, menunjukkan, tak ada satu pun nama pemain Persipura Jayapura yang hadir dalam laga lanjutan Liga 1 pekan ke-27, Senin (21/2/2022).
Dokumen pertandingan Persipura Jayapura Vs Madura United yang beredar, menunjukkan, tak ada satu pun nama pemain Persipura Jayapura yang hadir dalam laga lanjutan Liga 1 pekan ke-27, Senin (21/2/2022). (Dok. Rian /HO/Istimewa)

Tidak hadirnya Persipura secara tidak langsung menimbulkan konsekuensi besar bagi klub tersebut.

Berbagai ancaman mulai sedang hingga berat terancam dijatuhkan kepada Persipura yang saat ini ditangani Alfredo Vera.

Mengacu pada aturan dimana hal itu tercantum pada pasal 58 Kode Disiplin PSSI mengatur hukuman bagi tim yang tidak tiba di lokasi pertandingan hingga menolak untuk bertanding menghadapi lawannya.

Baca juga: Kacau, Semua Pemain Persipura Tak Muncul di Lapangan, Laga Kontra Madura United Tak Dilanjutkan

BERITA TERKAIT

Persipura bisa dihukum kalah WO dan kena denda minimal Rp. 150 juta.

Tim Mutiara Hitam juga terancam bisa kena hukuman lebih berat berupa pengurangan sembilan poin dan hukuman denda Rp. 1 Milliar.

Ada pula hukuman lain yang tercantum pada pasal yang sama yakni ada hukuman tambahan bagi tim yang menolak bertanding yakni larangan transfer hingga ancaman degradasi.

Dalam situs web resmi Liga Indonesia, Persipura Jayapura tak merilis starting line-upnya ketika melawan Madura United di pekan tunda 22 BRI Liga 1, Senin (21/2/2022).
Dalam situs web resmi Liga Indonesia, Persipura Jayapura tak merilis starting line-upnya ketika melawan Madura United di pekan tunda 22 BRI Liga 1, Senin (21/2/2022). (Tangkapan layar dari laman resmi Liga Indonesia)

Khusus pihak tertentu yang mencoba memerintahkan tim tersebut untuk tidak bertindak juga terancam hukuman larangan beraktifitas di lingkungan sepak bola selama dua tahun dan denda minimal 100 juta.

Berbagai hukuman berat itupun terancam menimpa Persipura jika terbukti bersalah sesuai dengan tingkat kesalahan yang akan dinilai Komite Disiplin PSSI nantinya.

Baca juga: Seluruh Pemain Persipura Tak Muncul di Lapangan Saat Lawan Madura United, Ini Tindakan PT LIB

Jika Persipura dinyatakan kalah WO dan menghadiahkan tiga poin kepada Madura United itu bisa dianggap hukuman paling setimpal serta bisa diterima.

Hanya saja jika Persipura sampai dijatuhi hukuman larangan transfer dan terdegradasi tentu hal itu akan lebih sulit diterima.

Apalagi status Persipura sebagai salah satu tim kebanggaan Papua yang kerapkali menjadi pesaing gelar juara pada musim-musim sebelumnya.

Alfredo Vera mendampingi latihan Persipura Jayapura jelang melakoni salah satu pertandingan BRI Liga 1 2021.
Alfredo Vera mendampingi latihan Persipura Jayapura jelang melakoni salah satu pertandingan BRI Liga 1 2021. (Instagram @Persipurapapua1963)

Persipura sendiri saat ini masih terpelosok pada urutan k-16 dengan koleksi 22 poin dari 25 laga yang dilakoni.

Dengan menyisakan sembilan laga sisa tentu perjuangan tak mudah akan dilakoni Persipura untuk menyelamatkan diri dari jeratan degradasi.

Tentu menarik untuk melihat hukuman apa yang akan diterima oleh Persipura Jayapura yang tak hadir dilapangan saat mereka dijadwalkan menghadapi Madura United, tadi malam.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas