Superskor

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Dokter CAF Joseph Kabungo Tewas Setelah Menjadi Korban Kerusuhan Usai Laga Nigeria Melawan Ghana

Kerusuhan usai laga sepak bola antara Nigeria Vs Ghana akhirnya memakan korban jiwa. Seorang dokter dilaporkan meninggal.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Dokter CAF Joseph Kabungo Tewas Setelah Menjadi Korban Kerusuhan Usai Laga Nigeria Melawan Ghana
PIUS UTOMI EKPEI / AFP
Penggemar sepak bola yang marah mematahkan bangku pemain saat kekerasan pecah menyusul kekalahan Ghana atas Nigeria pada pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Nigeria dan Ghana di Stadion Nasional di Abuja pada 29 Maret 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, ABUJA- Kerusuhan usai laga sepak bola antara Nigeria Vs Ghana akhirnya memakan korban jiwa. Seorang dokter dilaporkan meninggal setelah pertandingan play-off Piala Dunia Nigeria vs Ghana berubah menjadi kekacauan.

Kualifikasi Piala Dunia NIGERIA melawan Ghana dirusak oleh adegan buruk usai peluit akhir.

Ofisial CAF, Dr Joseph Kabungo ditemukan telah meninggal setelah pertandingan Nigeria melawan Ghana pada Rabu (30/3) dini hari WIB.

Tidak dijelaskan bagaimana Kabungo meninggal dunia.

Beberapa sumber menyatakan, dia dilaporkan mengalami serangan jantung dan kehilangan kesadaran setelah fans Nigeria menyerbu ke lapangan. 

Sementara yang lainnya menyatakan, dia dipukuli oleh fans Nigeria. "Mereka memukulinya, dia jatuh dan mereka menginjaknya. Dia kehilangan kesadaran dilarikan ke ambulans lebih dekat ke Ghana ganti untuk CPR. Seluruh kontingen Ghana menyaksikan upaya resusitasi dilakukan dengan masker oksigen. Dia dibawa ke rumah sakit. Sedih," tulis akun penggemar sepak bola yang lainnya.

Keributan terjadi setelah kedua tim asal Afrika itu bertanding di leg kedua play-off Piala Dunia di Abuja.

Ghana membukukan tempat mereka di Piala Dunia 2022 dengan gol Thomas Partey di 10 menit pembukaan yang cukup untuk memenangkan pertandingan dengan gol tandang.

Namun pertandingan itu dirusak oleh adegan setelah peluit akhir dibunyikan dengan para penggemar menyerbu ke lapangan dan menyebabkan kekacauan.

Penggemar tuan rumah bergegas ke lapangan dalam jumlah ratusan, tembakan gas air mata diluncurkan.

Polisi mencoba menahan kerumunan yang marah dengan gas air mata yang digunakan untuk mencoba membubarkan mereka ketika kedua kelompok pemain mencoba melarikan diri ke terowongan.

Dan kini telah dipastikan bahwa Dr Kabungo, yang merupakan Petugas dokter yang bertugas terkait Doping CAF untuk pertandingan tersebut harus telah kehilangan nyawanya setelah adegan kerusuhan di Stadion Nasional Abuja.

Presiden FA Zambia Andrew Kamanga mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Hari ini kami berduka atas meninggalnya petugas medis CAF/FIFA kami Dr Joseph Kabungo yang bertugas sebagai petugas Doping dalam pertandingan Selasa yang melibatkan Nigeria dan Ghana, dan kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Dr. Keluarga Kabungo dan keluarga sepak bola pada umumnya".

"Kami mencatat bahwa masih terlalu dini untuk membahas seluk beluk penyebab kematiannya tetapi akan menunggu laporan lengkap dari CAF dan FIFA tentang apa yang sebenarnya terjadi".

Halaman
1234
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas