Superskor

Maya Damayanti: Manajemen Klub Dan Pemain Harus Memiliki Hubungan Emosional Yang Baik

Maya Damayanti SE MBA, wanita pengusaha ini merupakan salah seorang yang menginginkan sepakbola Indonesia berprestasi di kancah internasional.

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Maya Damayanti: Manajemen Klub Dan Pemain Harus Memiliki Hubungan Emosional Yang Baik
Dok. pribadi
Maya Damayanti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maya Damayanti SE MBA, wanita pengusaha ini merupakan salah seorang yang menginginkan sepakbola Indonesia berprestasi di kancah internasional.

Untuk itulah, wanita asal kota Cilacap, Jawa Tengah ini tidak menolak saat diminta 'membantu' manajemen PSCS Cilacap saat berkiprah di Liga 2 musim 2021/2022 lalu, meski akhirnya PSCS gagal melenggang ke Babak Delapan Besar Liga 2.

Sebagai seorang pengusaha yang boleh dibilang sukses menjalankan sebuah perusahaannya sendiri, Maya Damayanti mengatakan bahwa jika ingin mengolah sebuah klub Sepakbola yang patut diperhatikan adalah manajemen.

Maya Damayanti
Maya Damayanti (Dok. pribadi)

"Mengelola manajemen klub sepakbola harus transparan dan kita harus detil termasuk urusan pemain dan rencana anggaran belanja klub," ungkap Maya Damayanti dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (18/5/2022).

Selain itu, menurut Maya Damayanti, pengelola klub juga harus menyediakan tempat tinggal dan lapangan berlatih bagi pemain hingga penggunaan stadion saat mengikuti kompetisi.

"Harus dirinci sedetil mungkin, berapa dana yang harus dibutuhkan dalam menjalankan manajemen klub saat mengikuti roda kompetisi. Berapa biaya pemain per tahunnya," kata Maya Damayanti.

Setelah semua ditetapkan, dijelaskan Maya Damayanti baru ke masalah kompetisi yang harus diikuti dan ditaati pemain.

Maya Damayanti
Maya Damayanti (Dok. pribadi)

"Manajemen klub harus memberi pengertian kepada pemain agar bisa eksis di kompetisi, pemain harus memberikan yang terbaik bagi klub. Biaya menentukan untuk mencari pemain yang dikehendaki klub," jelas Maya Damayanti.

Dana diakui Maya Damayanti adalah urat nadi eksis tidaknya sebuah klub Sepakbola.

"Kita harus belajar dari klub yang gagal mengelola keuangan dan juga harus mencontoh klub yang berhasil eksis. Pengelola klub juga harus terbuka masalah keuangan. Dan yang lebih penting lagi, manajemen dan pemain harus memiliki hubungan emosional. Manajemen tidak boleh tergantung dari pembiayaan perorangan ataupun pemerintah daerah setempat," urai Maya Damayanti.

Pemerintah daerah setempat bisa saja memfasilitasi dan membentuk kelompok suporter dari masyarakat setempat.

Maya Damayanti (Paling kanan) bersama para wartawan olahraga Ibukota
Maya Damayanti (Paling kanan) bersama para wartawan olahraga Ibukota (Dok. pribadi)

"Masyarakat setempat juga harus dilibatkan untuk mendukung klub yang ada di kotanya itu," ujar Maya Damayanti.

DUKUNGAN SUPORTER CILACAP

Sukses menjadi pengusaha multi bisnis dari kapal sampai tambang membuat sosok Maya Damayanti dikenal luas oleh berbagai kalangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
PSM Makasar
11
7
4
0
20
6
14
25
2
Bali United
12
8
0
4
25
15
10
24
3
Borneo
11
7
2
2
26
14
12
23
4
Madura United
12
7
2
3
19
11
8
23
5
Persita
12
7
1
4
20
16
4
22
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas