Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Insiden Persib Tak Dapat Penalti Lawan Bali United, Mirip Kasus Chiellini, Keputusan Wasit Tepat?

Keputusan wasit tak memberi Persib hadiah penalti atas Bali United karena insiden handball Leonard Tupamahu dianggap keputusan tepat, ini alasannya

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Insiden Persib Tak Dapat Penalti Lawan Bali United, Mirip Kasus Chiellini, Keputusan Wasit Tepat?
Tangkap Layar/Vidio
Tangkapan layar tayangan ulang insiden handsball bek Bali United, Leonard Tupamahu di kotak penalti saat membendung umpan dari penyerang Persib Bandung, Ciro Alves di laga penyisigan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (12/6/2022). Wasit tak memberi penalti buat Persib atas insiden ini. Skor berakhir imbang 1-1. 

Insiden Persib Tak Dapat Penalti Lawan Bali United, Mirip Kasus Chiellini, Keputusan Wasit Tepat?

TRIBUNNEWS.COM - Meski hanya berstatus laga penyisihan grup di turnamen pramusim, pertandingan Persib Bandung Vs Bali United berlangsung penuh drama bertensi tinggi.

Laga Persib Vs Bali United pada fase penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (12/6/2022) itu berakhir imbang 1-1.

Pertandingan yang berlangsung selama 105 menit berhias hujan kartu kuning dan merah serta dipenuhi oleh sejumlah insiden kontroversial.

Satu di antara yang menjadi sorotan adalah insiden Persib yang tak mendapat penalti dari Wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta meski ada pemain Bali United yang tampak melakukan handsball di kotak penalti.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Presiden 2022 yang Dimulai Sabtu Lalu, PSM Dapat Kabar Apes Jelang Lawan Arema Tapi Bisa Menang

Para pemain Persib Bandung dan Bali United mengheningkan cipta untuk Eril sebelum laga penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 dimulai.
Para pemain Persib Bandung dan Bali United mengheningkan cipta untuk Eril sebelum laga penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 dimulai. (tribun jabar)

Baca juga: Persebaya Ogah Main di Bandung Karena Tak Mau Jadi Lautan Bonek, Bos Persib: Terlambat

Berawal dari Manuver Ciro Alves

Insiden kontroversial itu berawal dari manuver penyerang Persib Bandung, Ciro Alves pada menit ke-49.

BERITA TERKAIT

Saat itu, Persib Bandung dalam situasi tertinggal meski unggul jumlah pemain.

Liukan Ciro Alves mampu melewati sejumlah pemain di sisi kiri pertahanan Bali United sebelum melepaskan umpan crossing.

Hanya, bek Bali United, Leonard Tupamahu yang terlihat kehilangan keseimbangan, tampak terjatuh. Bola umpan Ciro Alves itu terlihat mengenai tangan Leo saat mencoba menahan laju jatuhnya.

Baca juga: Berita Milan, Giliran Pobega Disodorkan Buat Zaniolo, Lille Halangi Botman, Maldini Ragu Noa Lang

Tangkapan layar tayangan ulang insiden handsball bek Bali United, Leonard Tupamahu di kotak penalti saat membendung umpan dari penyerang Persib Bandung, Ciro Alves di laga penyisigan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (12/6/2022). Wasit tak memberi penalti buat Persib atas insiden ini. Skor berakhir imbang 1-1.
Tangkapan layar tayangan ulang insiden handsball bek Bali United, Leonard Tupamahu di kotak penalti saat membendung umpan dari penyerang Persib Bandung, Ciro Alves di laga penyisigan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (12/6/2022). Wasit tak memberi penalti buat Persib atas insiden ini. Skor berakhir imbang 1-1. (Tangkap Layar/Vidio)

Atas insiden tersebut, Wasit Fariq Hitaba terlihat sempat mendatangi wasit tambahan, Dwi Susilo yang berada di garis gawang Bali United saat insiden terjadi.

Setelah berdiskusi, wasit memutuskan tak ada penalti. Persib hanya mendapat tendangan penjuru lantaran bola pantulan dari Leo itu ke luar lapangan.

Ciro Alves tampak geram atas keputusan ini. Wasit bergeming dan melanjutkan pertandingan.

Mirip Insiden Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini HandBall
Insiden handball bek Timnas Italia Giorgio Chiellini pada laga semifinal Euro 2020 melawan Spanyol di Stadion Wembley, London, Inggris, Juli 2021. Wasit tak memberi penalti buat Spanyol. Italia melaju ke laga final seusai menang adu penalti.
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas