Superskor

Timnas Indonesia

Wacana Demosi Shin Tae-yong ke Timnas U-19 Indonesia, Bung Towel: Ada Jebakan Batman dari PSSI

Bung Towel menyarankan: Menolak dan mundur jadi keputusan tegas yang harus diambil Shin Tae-yong agar reputasinya tidak buruk di Timnas Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Wacana Demosi Shin Tae-yong ke Timnas U-19 Indonesia, Bung Towel: Ada Jebakan Batman dari PSSI
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (jersey merah), tampak memantau para pemainnya dalam sesi latihan di Lapangan G (Panahan), Senayan, Jakarta, 2 Oktober 2021. Belakangan PSSI lewat forum EXCO PSSI berwacana mendemosi SHin Tae-yong dari posisi pelatih Timnas Indonesia di semua level umur menjadi hanya khusus menangani Timnas U-19 Indonesia. 

Soal Wacana Demosi Shin Tae-yong ke Timnas U-19, Bung Towel: Ada Jebakan Batman dari PSSI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Federasi sepakbola Indonesia, PSSI sebelumnya sempat berencana bakal memfokuskan Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil pada Piala Dunia U-20 pada 2023 di Indonesia.

Kabar tersebut pun sempat menjadi perbincangan di kalangan pecinta sepakbola Indonesia.

Terlebih, Shin Tae-yong kini masih berjuang membawa Timnas Indonesia lolos dari Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Baca juga: Prediksi Lineup Timnas Indonesia Vs Nepal, Butuh Banyak Gol, Shin Tae-yong Ganti Formasi 3 Bek?

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak hadir di lapangan Samudra, Bali, 26 Januari 2022.
 
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak hadir di lapangan Samudra, Bali, 26 Januari 2022.   (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Baca juga: Rival Timnas Indonesia di Persaingan Runner-up Terbaik, Filipina Panik, Malaysia Bakal Frustasi?

Pengamat sepakbola, Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel juga turut menyuarakan tanggapannya soal kabar tersebut dalam akun YouTube-nya, Gocek Bung Towel.

Menurut Bung Towel, rencana itu sengaja dilakukan untuk menurunkan jabatan Shin Tae-yong yang telah gagal pada SEA Games Vietnam dan Piala AFF.

“Kalau saya bilang, ini sebuah jebakan batman dari PSSI untuk Shin Tae-yong. Muaranya, yakni kegagalan Shin Tae-yong meraih medali emas di Piala AFF 2021 lalu, dan kegagalan di SEA Games 2021 Hanoi,” kata Bung Towel di akun YouTube-nya dan dikonfirmasi oleh Tribunnews, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Tampak Geram Persib Ditahan Bali United, Ciro Alves: Mereka Buang-buang Waktu, Tak Tahu Cara Bermain

Komentator Sepak Bola, Tommy Welly saat menghadiri jumpa pers FIFA U-17 World Cup Chilie 2015 di Studio 4 Rajawali TV, Cawang, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Rajawali Televisi (RTV) menjadi Official Broadcaster FIFA U-17 World Cup Chile 2015 akan menayangkan 63 pertandingan baik itu secara langsung (live) maupun tunda (delay). Selain itu Topas TV sebagai televisi berbayar juga akan menayangkan pertandingan tersebut. Super Ball/Feri Setiawan
Komentator Sepak Bola, Tommy Welly saat menghadiri jumpa pers FIFA U-17 World Cup Chilie 2015 di Studio 4 Rajawali TV, Cawang, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Rajawali Televisi (RTV) menjadi Official Broadcaster FIFA U-17 World Cup Chile 2015 akan menayangkan 63 pertandingan baik itu secara langsung (live) maupun tunda (delay). Selain itu Topas TV sebagai televisi berbayar juga akan menayangkan pertandingan tersebut. Super Ball/Feri Setiawan (Super Ball/Feri Setiawan)

Baca juga: Insiden Persib Tak Dapat Penalti Lawan Bali United, Mirip Kasus Chiellini, Keputusan Wasit Tepat?

“Apalagi, setelah itu, Shin Tae-yong bicara soal training center dan batalnya latihan karena lapangan belum di-booking, yang membuat pihak PSSI merasa disudutkan,” sambungnya.

Jika benar terjadi, Bung Towel menilai hal itu jadi sesuatu kemunduran bagi Shin Tae-yong yang sebelumnya pernah membawa Timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018.

Menolak dan mundur jadi keputusan tegas yang harus diambil Shin Tae-yong agar reputasinya tidak buruk.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Nepal, Shin Tae-yong Siratkan Bakal Mainkan 4 Pemain Kunci Agar Bisa Menang

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin TC perdana Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (2/3/2022).
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin TC perdana Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (2/3/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Head to Head Timnas Indonesia Vs Nepal, Garuda Potensial Menang Besar di Laga Penentuan

“Kalau saya jadi Shin Tae-yong, dengan reputasi yang saya punya, tapi downgrade hanya menangani Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 maka saya akan menolak menerima keputusan di-downgrade itu, fokus di Timnas U-19, saya akan menolak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bung Towel menilai Shin Tae-yong yang dikontrak hingga 2023 dengan status sebagai manajer pelatih untuk menangani tiga Timnas: Timnas U-19, U-23 dan senior, masih sangat layak dengan kualitas yang ia punya.

Hanya, kata dia, benar-benar harus mendapatkan dukungan penuh dari PSSI sebagai federasi.

“Sesuai komitmen awal saja. jadi tiga tim tidak masalah selama manajemen pengelola Timnasnya benar,” katanya.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Madura United
10
7
2
1
19
5
14
23
2
PSM Makasar
10
6
4
0
18
6
12
22
3
Persita
11
7
1
3
18
13
5
22
4
Bali United
11
7
0
4
22
13
9
21
5
Persija Jakarta
10
6
3
1
12
5
7
21
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas