Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Shin Tae-yong Kritisi Minimnya Pembinaan Pemain Muda di Indonesia

Shin Tae-yong menilai penyelesaian akhir Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Thailand U-19 masih tidak berjalan dengan baik.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Shin Tae-yong Kritisi Minimnya Pembinaan Pemain Muda di Indonesia
Tribunnews/Abdul Majid
Tak Punya Striker Berkualitas, Shin Tae-yong Kritisi Minimnya Pembinaan Pemain Muda di Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai penyelesaian akhir Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Thailand U-19 masih tidak berjalan dengan baik.

Alhasil, laga ketiga Timnas Indonesia U-19 pada fase grup A Piala AFF U-19 ini kembali berakhir imbang tanpa gol.

Salah satu sebabnya, pemain depan Timnas Indonesia U-19 tak mampu menunjukkan tajinya.

Menurut Shin Tae-yong tak efektifnya pembinaan pesepakbola muda Indonesia jadi faktor utama kurang tajamnya striker Indonesia.

Ketiga pemain Timnas Indonesia U-19 Razzaa Fachrezi Aziz, Ronaldo Joybera R Junior Kwateh dan Dimas Juliono Pamungkas mencoba merebut bola dari para pemain Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima
Ketiga pemain Timnas Indonesia U-19 Razzaa Fachrezi Aziz, Ronaldo Joybera R Junior Kwateh dan Dimas Juliono Pamungkas mencoba merebut bola dari para pemain Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

“Seperti apa yang dilihat, memang pemain depan kami punya masalah soal finishing, kecuali saat menghadapi Brunei Darussalam,” nilai Shin Tae-yong seusai laga kontra Thailand U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022).

“Seharusnya kita membuat youth sistem yang baik sehingga nantinya akan muncul penyerang yang bagus. Ini jadi masalah sepak bola Indonesia sekarang. Saya minta tolong, kalau kalian tahu penyerang yang bagus, silakan rekomendasikan ke saya,” jelasnya.

Seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 menyapa pendukung usai bertanding melawan Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima
Seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 menyapa pendukung usai bertanding melawan Timnas Thailand U-19 pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu justru memberikan pujian kepada permainan Thailand.

Terlebih hasil ini membuat Shin Tae-yong tercatat belum pernah mendapatkan kemenangan dari Thailand baik saat menukangi Timnas Indonesia senior, U-23 hingga U-19 ini.

“Mungkin dilihat saja bagaimana perbedaan kualitas Liga Thailand dan Liga Indonesia dengan pembangunan youth system-nya seperti apa. Jadi begitu saya jadi pelatih kepala, tidak juga kami bisa langsung menang melawan Thailand,” kata Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia U-19 Ronaldo Joybera R Junior Kwateh mencoba mengejar bola dengan pemain Timnas Thailand U-19 Chanapach Buaphan pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima
Pemain Timnas Indonesia U-19 Ronaldo Joybera R Junior Kwateh mencoba mengejar bola dengan pemain Timnas Thailand U-19 Chanapach Buaphan pada laga ketiga babak penyisihan Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). Hingga wasit meniup peluit panjang Indonesia harus menerima hasil imbang 0-0 dari Thailand. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

“Jerman dengan proyeknya baru 10 tahun juara. Indonesia kemarin ada pandemi dan liga baru bergulir, youth system juga, jadi saya mohon kepada fans untuk dukung timnas dengan maksimal,” pungkasnya.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 berada di peringkat keempat grup A sementara, hasil dari sekali menang dan dua kali imbang.

Pada pertandingan selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 giliran menghadapi Filipina, Jumat (8/7/2022) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas