Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Piala AFF U-18 Wanita 2022, Pantas Indonesia Dilumat Thailand, Ternyata Ini Beda Kelas Kedua Tim

Hasil di Piala AFF U-18 Wanita 2022 dimana srikandi Indonesia dibantai Thailand, menggambarkan kondisi memprihatinkan sepak bola putri di Indonesia.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Piala AFF U-18 Wanita 2022, Pantas Indonesia Dilumat Thailand, Ternyata Ini Beda Kelas Kedua Tim
Instagram @pssi
Timnas Wanita Indonesia saat berlaga di Piala AFF U-19 Wanita 2022. Pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-18 Wanita 2022, Kamis (28/7/2022) malam tadi, Timnas Indonesia dilumat Thailand dengan skor telak 0-3. 

Piala AFF U-18 Wanita 2022, Pantas Indonesia Dilumat Thailand, Ternyata Ini Beda Kelas Kedua Tim

TRIBUNNEWS.COM - Ajang Piala AFF U-18 Wanita 2022 menjadi saksi betapa Timnas Wanita Thailand berbeda kelas dari Timnas Wanita Indonesia.

Pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-18 Wanita 2022, Kamis (28/7/2022) malam tadi, Timnas Indonesia dilumat Thailand dengan skor telak.

Timnas Indonesia yang berstatus tuan rumah tak cukup mengandalkan bakat Sheva Imut dan kawan-kawan, lantaran dibungkam kolektivitas Thailand dengan skor 0-3.

Baca juga: Agar Bisa Kembali Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-20 Indonesia, Dimas Juliono Siap Lakukan Ini

Dalam laga yang digelar di Stadion Jakabaring, terlihat jelas anak asuh Rudy Eka Priyambada kalah kompetitif dibanding Thailand.

Thailand bahkan langsung mencetak gol pada menit ke-3 lewat sepakan jarak dekat Supansa Trisutho, yang menandakan pertahanan Garuda sangat lemah.

Dalam beberapa momen, terlihat bakat Marsela Awi, Sheva Imut, hingga Claudia Scheunemann dapat bersaing dengan pemain Thailand.

BERITA TERKAIT

Namun, mereka tak punya rekan yang memahami bagaimana bermain sebagai sebuah tim, dan kerap melewatkan lini tengah untuk menciptakan serangan.

Baca juga: Tak Dapat Klub di Eropa, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman Balik ke Liga 1 Sebelum 3 Agustus?

Pemain timnas Wanita Indonesia sedang berduel dengan pemain timnas Australia pada laga penyisihan grup B Piala Asia Wanita 2022 di Stadiun Mumbai Arena, Mumbai, Jumat (21/1/2022).
 
Pemain timnas Wanita Indonesia sedang berduel dengan pemain timnas Australia pada laga penyisihan grup B Piala Asia Wanita 2022 di Stadiun Mumbai Arena, Mumbai, Jumat (21/1/2022).   (PSSI)

Thailand pun bisa melesakkan gol lagi lewat aksi Supansa Trisutho pada menit ke-26, lantas satu gol lagi pada babak kedua.

Dengan hasil ini, Indonesia terpaku di posisi ketiga Grup A dengan koleksi enam poin, dan tak akan melaju ke babak semifinal.

Thailand dan Vietnam pun berhak lolos ke semifinal setelah menyapu bersih tiga laga melawan Indonesia, Kamboja, dan Singapura.

Hasil di Piala AFF U-18 Wanita 2022 tersebut menggambarkan kondisi memprihatinkan sepak bola putri di Indonesia.

Baca juga: Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Media Vietnam Kembali Tuding PSSI Bikin Susah Timnasnya

Sesi latihan Timnas wanita Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/2022).
Sesi latihan Timnas wanita Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

PSSI tak pernah lagi menggulirkan kompetisi putri, dengan Liga 1 Putri terakhir kali digelar pada 2019.

Saat timnas Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022 dan akan tampil di Piala AFF Wanita 2022 pun, PSSI tetap tak membekali Garuda Putri dengan kompetisi.

Sebaliknya di Thailand, tim nasional putri bahkan melebihi prestasi tim nasional putra, yaitu kelolosan ke Piala Dunia.

Timnas Thailand telah dua kali berturut-turut lolos ke Piala Dunia, yaitu edisi 2015 di Kanada dan 2019 di Perancis.

Jadi, apabila PSSI hendak memberikan bonus kepada timnas Indonesia U-18 putri sebagaimana dilansir di laman resminya, jauh lebih baik apabila anggaran mendatang ditujukan untuk menggelar kompetisi.

Timnas Indonesia U-18 ini memunculkan talenta menarik seperti trio pencetak gol Claudia Scheuneman, Sheva Imut, dan Marsela Awi. 

Apabila tiga pemain (dan seluruh skuat timnas U-18) tak ditempa kompetisi, bakat mereka terancam terhenti saat karier mereka bahkan belum dimulai. (Najmul Ula/BolaNas)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas