Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Psywar Media Vietnam Belum Selesai, Tantang Indonesia Juara Piala AFF Ketimbang Gabung EAFF

Salah satu media Vietnam menebar psywar kepada Timnas Indonesia untuk bisa menjadi juara Piala AFF 2022 ketimbang bergabung dengan EAFF.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Psywar Media Vietnam Belum Selesai, Tantang Indonesia Juara Piala AFF Ketimbang Gabung EAFF
AFP/ROSLAN RAHMAN
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di final Piala AFF edisi terakhir di National Stadium, Singapura, 1 Januari 2022. Timnas Indonesia ditantang untuk mengalahkan Vietnam dan Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2022 mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Media Vietnam tampaknya takkan pernah bosan memberikan psywar terhadap lika-liku perkembangan sepak bola Indonesia terutama jika menyangkut kepentingan tim nasional.

Terbaru, salah satu media Vietnam menebar psywar kepada Timnas Indonesia untuk bisa menjadi juara Piala AFF 2022 ketimbang bergabung dengan EAFF.

Tantangan yang diberikan media Vietnam didasarkan atas kritikannya menanggapi isu liar Indonesia keluar dari AFF.

Ekspresi kekecewaan para pesepak bola Timnas Indonesia U-19 usai melawan Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Timnas Indonesia ditantang untuk mengalahkan Vietnam dan Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2022 mendatang.
Ekspresi kekecewaan para pesepak bola Timnas Indonesia U-19 usai melawan Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Timnas Indonesia ditantang untuk mengalahkan Vietnam dan Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2022 mendatang. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Timnas Amputasi Indonesia Mantapkan Persiapan Tatap Piala Dunia 2022




Adapun isu liar yang menyebut Indonesia ingin keluar AFF didasari oleh ketidakpuasan Garuda Muda melihat hasil Piala AFF U19 2022, beberapa waktu lalu.

Indonesia sempat tidak merasa puas pada turnamen tersebut lantaran tersingkir secara tragis karena head to head.

Apalagi tersingkirnya Indonesia diduga atas tuduhan main mata yang dilakukan Thailand dan Vietnam di Piala AFF U19 2022.

Setelah momen itupun, banyak netizen Indonesia yang meminta pihak federasi (red: PSSI) keluar dari AFF untuk bergabung EAFF.

BERITA TERKAIT

Hanya saja sampai dengan saat ini, belum ada langkah konkret yang dilakukan pihak PSSI menanggapi keinginan netizen Indonesia tersebut.

Perbincangan soal keluarnya Indonesia dari keanggotaan AFF akhirnya menjadi topik yang menyedot perhatian publik, tak terkecuali media Vietnam.

Media Vietnam Tebar Psybar ke Indonesia, Mending Juarai AFF Ketimbang Gabung EAFF

Hanya saja menipisnya peluang Indonesia untuk merealisasikan hal itu membuat media Vietnam menebar psywar.

Soha VN yang menjadi media dimaksud mencoba menantang Indonesia untuk memenangkan gelar Piala AFF 2022 ketimbang pusing keluar dari keanggotaan AFF.

Media Vietnam merasa Timnas Indonesia seharusnya mencari solusi lebih bijak daripada memutuskan keluar EAFF.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam sesi pre-match conference kontra Timor Leste di Bali, Rabu (26/1/2022).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam sesi pre-match conference kontra Timor Leste di Bali, Rabu (26/1/2022). (dok: PSSI)

Hal ini dikarenakan jika Indonesia keluar dari AFF, ada banyak kerugian yang didapatkan setelahnya.

"Menantang Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong untuk mengalahkan Vietnam dan Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2022," tulis Soha VN.

Adapun undian pelaksaan drawing babak penyisihan grup Piala AFF 2022 dijadwalkan akan digelar di Bangkok, Agustus 2022 mendatang.

Piala AFF 2022 dijadwalkan akan digelar mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai 15 Januari 2023.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas