Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Vinicius Junior Tak Gentar Hadapi Pelecehan Rasisme di Spanyol, La Liga Turun Tangan

Vinicius Junior tak gentar hadapi peleceha rasisme setelah Derbi Madrid, jajaran La Liga juga turun tangan.

Penulis: Niken Thalia
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Vinicius Junior Tak Gentar Hadapi Pelecehan Rasisme di Spanyol, La Liga Turun Tangan
PAU BARRENA / AFP
Vinicius hadapi rasisme di Spanyol dan La Liga turun tangan - Penyerang Real Madrid asal Brasil Vinicius Junior merayakan gol pembuka dalam pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara RCD Espanyol dan Real Madrid CF di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat pada 28 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemain Real Madrid, Vinicius Junior menerima celaan rasisme saat laga antara Atletico Madrid vs Real Madrid, Senin (19/9/2022).

Tepatnya sebelum laga bertajuk Derbi Madrid itu, fans Atletico Madrid teah menandatangi lagu-lagu rasis soal Vinicius yang kerap melakukan tarian saat selebrasi.

Nyanyian itu dilakukan oleh fans Atletico Madrid di luar Stadion Metropolitano.




Menanggapi soal itu, Vinicius menerangkan bahwa tarian yang biasa dia lakukan memang bukan miliknya sendiri. Melainkan terinspirasi tarian itu berasal dari penyanyi funk asal Brasil, penari samba, hingga penyanyi reggaeton latin.

Pemain depan Real Madrid Brasil Vinicius Junior merayakan mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Madrid CF dan Levante UD di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 12 Mei 2022.
Pemain depan Real Madrid Brasil Vinicius Junior merayakan mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Madrid CF dan Levante UD di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 12 Mei 2022. (JAVIER SORIANO / AFP)

Baca juga: Berkat Motivasi CR7, Vinicius Junior Lebih Sering Menari bersama Real Madrid

Tujuan menarikan itu tak lain adalah bangga dengan keragaman bangsa dunia.

"Beberapa minggu yang lalu, beberapa orang mulai mengkritik tarian saya. Tetapi tarian itu bukan milik saya sendiri," terang Vincius dilansir 90min.

"Mereka milik Ronaldinho, Neymar, [Lucas] Paqueta, [Antoine] Griezmann, Joao Felix, Matheus Cunha. Penyanyi funk Brasil dan penari samba, penyanyi reggaeton Latin, kulit hitam Amerika. Mereka adalah tarian untuk merayakan keragaman budaya bangsa dunia.

BERITA TERKAIT

"Mereka mengatakan bahwa kebahagiaan mengganggu. Kebahagiaan seorang kulit hitam Brasil yang sukses di Eropa jauh lebih mengganggu. Tapi keinginan saya untuk menang, senyum saya dan kilau di mata saya jauh lebih besar dari itu."

Menyusul ungkapan Vincius dan pasca Derbi Madrid, jajaran La Liga turun tangan untuk memberikan pernyataan resmi.

"Kami mengecam semua insiden di dalam dan di luar stadion," tulis La Liga dalam pernyataan resminya.

"Kami bekerja dengan klub untuk menjaga sepak bola kami tetap ramah dan menyenangkan."

"Ujaran kebencian tidak memiliki tempat di La Liga dan kami selalu bekerja dengan klub dan pihak berwenang untuk mengidentifikasi dan mengadili setiap kasus seperti itu."

Pemain depan Real Madrid Brasil Vinicius Junior melambai kepada pendukungnya di akhir pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid CF dan Chelsea FC di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 12 April 2022.
Pemain depan Real Madrid Brasil Vinicius Junior melambai kepada pendukungnya di akhir pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid CF dan Chelsea FC di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 12 April 2022. (OSCAR DEL POZO / AFP)

Beruntung di tengah runyamnya suasana di balik Derbi Madrid, Los Blancos justru yang keluar sebagai pemenang.

Tepatnya lewat lesatan gol dari kaki Rodrygo di gol pembuka kemudian Fede Valverde yang menggandakan keunggulan sukses membawa El Real menang.

Sehingga setidaknya Real Madrid menunjukkan permainan luar biasa kepada Atletico Madrid di tengah kisruhnya suasana stadion.

Tentu kasus semacam ini diharapkan tak lagi ada dalam dunia sepak bola.

(Tribunnews.com/Niken)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas