Superskor

Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Mulai Paham Filosofi Sepakbola Shin Tae-yong: Bukan Cuma Soal Bikin Gol

Di bawah Shin Tae-yong, selama 2022 Timnas Indonesia baru sekali kalah dan sudah mencetak 23 gol. Produktivitas mengerikan, tapi bukan itu filosofinya

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pemain Timnas Indonesia Mulai Paham Filosofi Sepakbola Shin Tae-yong: Bukan Cuma Soal Bikin Gol
@twitter pssi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Curacao 3-2 dan 2-1 pada dua laga FIFA Matchday, Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022). Berikut rapor Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia selama 2022 sejauh ini. 

Pemain Timnas Indonesia Mulai Paham Filosofi Sepakbola Shin Tae-yong: Bukan Cuma Soal Bikin Gol
 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR – Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan progres para pemain Timnas Indonesia semakin baik dari terakhir tampil pada Kualifikasi Piala Asia pada Juni lalu di Kuwait.

Saat di ajang Kualifikasi Piala Asia, Indonesia meraih dua kali kemenangan dan sekali imbang. Hasil itu membuat Indonesia lolos ke Piala Asia tahun depan.

Salah satu kesuksesan Timnas Indonesia menurut Shin Tae-yong karena para pemain mulai memahami cara permainan atau filosofi yang dia berikan.

Baca juga: Soal Perpanjangan Kontrak di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Belum Kepikiran Sama Sekali

Baca juga: Duo Dimas Drajad-Witan Racikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Jarum Pentul Perusak Ritme Lawan

“Para pemain memang begitu lolos dari Piala Asia jadi semakin percaya diri. Pemain juga mulai memahami filosofi sepakbola saya seperti apa dan saya bilang para pemain semakin bisa beradaptasi dengan cara saya,” kata Shin Tae-yong seusai laga kontra Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022).

Pada laga FIFA Matchday menghadapi Curacao sebanyak dua kali, skuad Garuda mampu meraih dua kali kemenangan.

Pertandingan pertama Fachruddin Aryanto dkk. mengalahkan Curacao dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung dan pertandingan kedua kembali menaklukkan Curacao dengan skor 2-1.

Baca juga: Sorotan Timnas Indonesia Menang Lagi Atas Curacao, Tahan Emosimu Saddil, Kata Buat Witan, Brilian!

Selebrasi pemain Timnas Indonesia seusai Dimas Drajad mencetak gol cepat pada menit kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022).
Selebrasi pemain Timnas Indonesia seusai Dimas Drajad mencetak gol cepat pada menit kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022). (instagram/pssi)

Soal masih terjadinya gol ke gawang Indonesia pada laga kedua, Shin Tae-yong tak terlalu mempermasalahkan.

Menurut Shin Tae-yong hal itu justru jadi pelecut para pemain untuk tampil lebih baik lagi ke depannya.

“Untuk pertandingan, pertama kalau kita hanya bicara kemasukan gol saja pastinya kita tidak akan bisa maju. Kalau kita hanya mempermasalahkan gol pastinya bisa kita akan susah untuk maju,” terang Shin Tae-yong.

“Kita harus bisa memperbaiki dan berkembang dan tidak boleh bilang kemasukan gol itu dianggap tidak baik. Itulah motivasi untuk tim lebih maju dan baik,” pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Polesan Shin Tae-yong Bikin Yakob Sayuri Jadi Pemain Serbabisa: Winger PSM di 3 Posisi dalam 2 Laga

Timnas Indonesia Baru Sekali Kalah di 2022

Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama dengan Rachmat Irianto saat melakukan konferensi pers seusai laga kontra Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022).
Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama dengan Rachmat Irianto saat melakukan konferensi pers seusai laga kontra Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Kemenangan atas Curacao ini membuat timnas Indonesia di bawah komando Shin Tae-yong semakin menjanjikan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas